Pemda Pohuwato Pusatkan Pelaksanaan HUT Proklamasi 17 Agustus di Kecamatan Popayato

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat memberikan sambutan pada rapat pembentukan pantia lokal dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi RI tahun 2022 tingkat Kabupaten Pohuwato, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Popayato, Selasa (21/06/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga membuka rapat pembentukan pantia lokal dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi RI tahun 2022 tingkat Kabupaten Pohuwato, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Popayato, Selasa (21/06/2022).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Anggota DPRD Pohuwato, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, pimpinan OPD, para camat, serta para tokoh masyarakat wilayah barat dan para pedagang yang ada di Popayato.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga mengatakan bahwa untuk menghargai dan menghormati persiapan daerah baru (Gorontalo Barat), maka pelaksanaan upacara 17 Agustus tingkat Kabupaten Pohuwato akan dipusatkan di Kecamatan Popayato.

Oleh karena itu, Ia berharap kebijakan dan keputusan yang telah diambil ini perlu didukung oleh seluruh masyarakat Popayato, baik dari pemerintah kecamatan, desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga tokoh perempuan yang ada di Popayato.

“Pelaksanaan ini kita buat meriah, karena ini adalah sejarah baru sejak 19 tahun daerah kita terbentuk dan untuk seluruh kecamatan ditiadakan upacaranya, semua terpusat di Popayato,” terang Saipul.

Ia pun berharap seluruh kegiatan berupa upacara pengukuhan, upacara taptu berupa pawai obor bagi pelajar dan guru-guru, upacara penaikan dan penurunan bendera, resepsi kenegaraan pada malamnya, semua bisa dilaksanakan.

“Untuk itu, dimohonkan bantuan semua pihak bisa berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini dan maksimalkan sampai pada hari H, karena kegiatan ini akan dihadiri seluruh unsur Forkopimda Pohuwato termasuk tokoh masyarakat Pohuwato dan dari 13 kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Popayato, Zulkifli Buludawa menambahkan, pelaksanaan upacara HUT Proklamasi tahun ini merupakan suatu kebangaan bagi warga Popayato, karena gelarannya akan dipusatkan di Kecamatan Popayato.

“Kami selaku pemerintah di tiga kecamatan dan atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang memercayakan kami di Popayato sebagai tuan rumah pelaksanaan upacara 17 Agustus. Tentunya dengan adanya HUT Proklamasi RI tahun ini akan memberikan dampak positif, terutama geliat ekonomi yang ada di Popayato,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait