Pemdes Kaligunting Lakukan Undian Untuk Sewa Kios Desa

  • Whatsapp
Panitia pengundian dan masyarakat Desa Kaligunting, saat melakukan pengundian kios, Minggu (28/06/2020). (Foto - Puguh 60dtk)

60DTK, Madiun – Sebanyak 64 peserta dari Desa Kaligunting mengikuti pengundian sewa kios desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kaligunting, Minggu (28/06/2020). Adapun kios yang disewakan adalah sebanyak 12 kios.

Memang, pembuatan 12 kios yang bersumber dari dana desa Kaligunting tahun 2019 itu cukup banyak menarik perhatian dari masyarakat setempat. Banyak dari mereka yang berharap bisa menempati kios yang baru dibangun itu. Lokasi yang strategis, serta harga sewa yang tergolong murah, membuat mereka berebut untuk mendapatkan bagian di kios tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Oleh karena itu, agar tidak terjadi perdebatan antara warga, pihak Pemdes Kaligunting pun mengambil jalan keluar dengan melakukan penyaringan dengan cara mengundi nama-nama yang sudah mendaftar untuk mendapatkan kios tersebut.

Baca juga: Bangun 12 Kios Swakelola, Pemdes Kaligunting Gelontorkan Dana Rp600 Juta

“Masyarakat yang ingin menempati kios tersebut harus sudah memenuhi beberapa tahapan, salah satunya mendaftarkan diri dengan menyetorkan nama dan usahanya ke panitia. Pendaftar juga wajib warga Desa Kaligunting,” tutur Kepala Desa Kaligunting, Nuramin.

“Dalam pengundian sewa kios ini, Pemdes tidak terlibat karena semuanya sudah kami serahkan ke panitia untuk menentukan siapa yang nanti berhak menempati,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengundian, Mulyadi membeberkan, sistem sewa kios tersebut bersifat sementara. Masa sewa yang disepakati adalah 5 tahun, dengan minimal penyewaan sekitar 1 tahun.

Baca juga: Kaligunting Kini Punya Pokmas Yang Bergerak Di Bidang Ternak Sapi

“Kita mebuat sistem sewa dengan jangka waktu. Ketika sudah masa 5 tahun penyewaan, maka pihak desa dan panitia akan mengundi kembali kios tersebut untuk warga lainnya, besaran harga sewa kios pun cukup murah yakni Rp1 juta 500 ribu per tahunnya. Maka dengan itu, pihak desa melalui kesepakatan harus mengundi lagi setelah 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Ia menuturkan, dengan adanya kios ini, Pemdes Kaligunting berharap masyarakat yang sebelumnya tidak mempunyai tempat usaha, bisa semakin terbantu.

 

Pewarta: Puguh Setiawan

Pos terkait