Pemkab Gorontalo Akan Siapkan Dana Rp9 Miliar Untuk Cegah Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, bersama jajarannya, saat menyampaikan berbagai kebijakan terkait pencegahan Covid-19 di Kabgor, melalui live streaming, Senin (23/03/2020). (Foto - Andi 60dtk)

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Tidak hanya sekadar mengeluarkan kebijakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini juga tengah mempersiapkan anggaran yang cukup besar untuk pencegahan Covid-19.

Dikatakan, anggaran tersebut diambil dari beberapa sumber dana seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), serta Dana Insentif Daerah (DID). Jika ditotal, anggaran untuk pencegahan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo kurang lebih sebesar Rp9 miliar.

Bacaan Lainnya

Baca juga: ASN Kerja Dari Rumah, Dinas Kominfo Kabgor Manfaatkan IT Untuk Pantau Stafnya

“Mungkin ini jadi informasi yang berharga untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. Kita tidak hanya mengeluarkan kebijakan, tapi juga menyiapkan anggaran untuk kebijakan itu sendiri,” ujar Nelson di ruang kerjanya, Senin (23/03/2020).

Ia mengatakan, pergeseran anggaran itu memang harus dilakukan. Pasalnya, dana untuk pencegahan Covid-19 sudah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk saat ini. Di sisi lain, pergeseran anggaran juga masih memungkinkan untuk dilakukan.

Baca juga: Mulai Besok, ASN Dan Siswa Di Kabgor Beraktivitas Dari Rumah

Nelson menambahkan, anggaran untuk antisipasi Covid-19 itu akan digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti kegiatan sosialisasi, pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, masker, dan berbagai kebutuhan lainnya.

“Selain itu, kebijakan yang kami lakukan dalam hal ini pergeseran anggaran digunakan dalam menangani dampak sosial,” jelas Nelson.

Baca juga: APD Tenaga Medis Diprioritaskan Untuk Rumah Sakit Rujukan Corona

Ia pun berharap, segala kebijakan dan upaya pencegahan Covid-19 yang dilakukan pihaknya ke depan terus didukung sepenuhnya oleh masyarakat. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait