Pemkab Gorontalo Optimis Desa Bongo Masuk 10 Besar Lomba ADWI 2021

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat berada di Taman Wisata Bubohu, Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo optimis Desa Bongo bisa masuk dalam 10 besar pada Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Rasa optimisme itu muncul karena desa tersebut memiliki sejumlah destinasi wisata yang terkelola dengan baik. Bahkan desa ini juga memiliki sejumlah tempat wisata seperti Taman Wisata Bubohu, Pantai Dulanga, hingga Masjid Walima Emas.

Bacaan Lainnya

“Harus optimis, dong,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo usai memberikan arahan pada rapat persiapan kegiatan ADWI 2021 yang berlangsung di Desa Bongo, Sabtu (30/10/2021).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat berada di Wisata Pantai Dulanga Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Andi 60dtk)

Tidak sampai di situ, optimisme itu juga didukung karena adanya kolaborasi semua pihak, baik dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, Pemkab Gorontalo, Pemerintah Kecamatan dan Desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), bahkan mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

“Tapi yang paling penting adalah dukungan masyarakat, dan saya lihat dukungan masyarakat begitu luar biasa, jadi saya optimis,” tandas bupati dua periode itu.

Kepala Desa Bongo, Bahtiar M. Yunus juga mengaku optimis desa yang dipimpinnya itu bisa masuk sampai ke tahap 10 besar. Pasalnya, Desa Bongo sudah berhasil melewati penilaian dari tahap awal hingga masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

“Kami optimis, insyaallah ada hidayah. Mohon dukungan dan doa saja,” pintanya.

Mengenai penilaian 10 besar, Ia juga membeberkan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Sejauh ini, kata Bahtiar, persiapan sudah hampir 100 persen.

“Sejak satu bulan lalu kami sudah melakukan pembersihan, pengecetan, penataan pagar, dan sebagainya. Itu kami laksanakan bersama masyarakat,” ujarnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto sanga

Pos terkait