Pemkot Gorontalo Mulai Terapkan Aplikasi SIAK Terpusat, Apa Itu?

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menunjukkan aplikasi SIAK yang mulai diterapkan Pemerintah Kota Gorontalo, Selasa (26/07/2022). (Foto: Humas)

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mulai menerapkan penggunaan aplikasi sitem informasi administrasi kependudukan (SIAK) terpusat.

Setelah melewati serangkaian tahapan uji coba di internal Dukcapil Kota Gorontalo, pemanfaatan aplikasi tersebut resmi diluncurkan pada hari ini, Selasa (26/07/2022). Meski begitu, penggunaan aplikasi itu akan dilakukan secara bertahap.

Bacaan Lainnya

“Kota Gorontalo telah menerapkan aplikasi SIAK terpusat sejak tanggal 20 Mei lalu. Pada hari ini, Pemerintah Kota Gorontalo meluncurkan penggunaan identitas digital kependudukan yang dimulai dari seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo dan keluarganya,” ujar Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Setelah ASN, kata Marten, pihaknya berencana menyasar perguruan tinggi (kampus), sekolah menengah atas (SMA), dan masyarakat umum yang tinggal di wilayah Kota Gorontalo agar dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Menurut Wali Kota Gorontalo dua periode itu, aplikasi ini akan memudahkan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Gorontalo. Alasannya, penggunaan aplikasi tersebut lebih efektif, cepat, dan efisien dibanding melakukan pengurusan langsung dokumen kependudukan di Kantor Dukcapil.

“Identitas digital kependudukan merupakan aplikasi khusus yang didesain dengan tingkat keamanan yang tinggi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan aplikasi SIAK mudah didapatkan. Calon pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi di google playstore dan menginstalnya di telepon android.

“Setelah itu tinggal kita buka dan isi data lengkap, foto selfie, scan QR Code, cek e-mail lalu menginput kode aplikasi dan chapta, terakhir masukkan pin sesuai kode aktivasi,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait