Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan LKPD

  • Whatsapp
Marten Taha
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Saat Diwawancara Awak Media Usai Mengikuti Penganugerahan Treasury Awards 2020, Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, Secara Virtual di Rudis Wali Kota, Kamis (5/11/2020). Foto: Hendra 60DTK

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota Gorontalo mendapatkan penghargaan terbaik atas usaha dan transparansi dalam pengelolaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Kementerian Keuangan RI.

Hal itu terungkap pada kegiatan penganugerahan Treasury Awards 2020 Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan secara virtual, dan di ikuti langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (5/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah kita terbaik tiga LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah), Ini berkat daripada kepatuhan kita dalam menyusun dan melaksanakan serta melaporkan pelaksanaan anggaran, baik itu bersumber dari dana transfer maupun dana yang kita dapatkan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkap Marten kepada awak media.

“Dalam tata kelola keuangan ini yang paling penting adalah bagaimana integrasi antara perencanaan dan penganggaran, serta pelaksanaannya itu sesuai dengan kaidah pengelolaan keuangan yang baik dan benar,” lanjutnya.

Ia menegaskan dalam pengelolaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Ada enam kategori yang dinilai, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penata usahanya, pelaporan, dan  pertanggung jawaban. Kata dia, dari enam kategori ini jika dilaksanakan secara baik dan benar, pasti akan menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sehingga dalam menyusun pelaporan itu benar-benar berdasarkan dengan hasil pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan. Yang mengakibatkan melencengnya pelaksanaan anggaran itu, karena kita mungkin tidak terlalu patuh pada perencanaan dan penganggaran yang telah dibuat terlebih dahulu,” tegasnya. (adv)

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait