Pemprov Gorontalo Mulai Tingkatkan Sinergitas Antarpelaku Sumber Daya Ekonomi Daerah

60DTK, Gorontalo: Pemerintah Provinsi Gorontalo mulai meningkatkan sinergitas antarpelaku sumber daya ekonomi daerah. Hal ini terlihat ketika Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Darda Daraba mengikuti pertemuan sosialisasi secara virtual terkait penerapan pemetaan urusan pemerintah daerah, Jumat (6/11/2020).

Diketahui, sosialisasi ini digelar dalam rangka kerja sama daerah di Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) dengan Kementerian PPN/Bappenas RI.

Saat ditemui usai kegiatan, Darda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyinergikan serta meningkatkan kerja sama antarpelaku dan pengelola sumber daya ekonomi daerah.

Baca juga: Salurkan Bantuan Kementerian PPPA Untuk Perempuan Dan Anak, Ini Harapan Idah

expo

Ia menjelaskan, kerja sama daerah ini sangat penting dalam upaya transformasi ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing perekonomian daerah. Pada praktiknya nanti, kerja sama daerah akan memanfaatkan sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerja sama antarpelaku dalam pengelolaan sumber daya ekonomi daerah, khususnya di Gorontalo.

Selain efektif dalam memfasilitasi pengembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga sejalan dengan prioritas pemerintah, hal ini juga bertujuan untuk membangun kerja sama daerah yang dinilai sangat penting di tengah pandemi saat ini.

“Sosialisasi ini sangat penting, karena harapan Pemerintah Provinsi khususnya di masa pandemi saat ini, sangat membutuhkan kerja sama yang baik, agar sumber daya kita yang selama ini terbelenggu akan lebih optimal,” ungkap Darda.

Baca juga: Mobil Dinas Pejabat Turut Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid-19

Ia juga mengungkapkan, pencapaian tujuan kerja sama secara maksimal ini juga memerlukan kelembagaan yang sudah terkoordinasi di tingkat pemerintah daerah, sebagaimana tercantum dalam Permendagri nomor 22 tahun 2020 tentang tim koordinasi kerja sama daerah yang diketuai oleh sekretaris daerah dan dibantu oleh OPD terkait.

Tim ini nantinya memiliki tugas untuk terus meningkatkan dan menyinergikan sisi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kerja sama di daerah.

“Kolaborasi dan kemitraan sangat penting dilakukan di masa sekarang ini, karena pembangunan yang berkelanjuta, bahkan agenda global 2030 terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) kemitraan menjadi salah satu tujuan dalam tujuh belas goals SDGs. Untuk itu, ke depannya Pemprov Gorontalo perlu merespons Permendagri tersebut dengan membentuk tim koordinasi kerja sama daerah,” tandasnya. (adv)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles