Pemprov Gorontalo Raih Dua Predikat Terbaik Dalam Hal Manajemen ASN

  • Whatsapp
(Foto: Istimewa)

60DTK, Gorontalo – Pemprov Gorontalo meraih dua predikat terbaik untuk penilaian manajemen ASN tahun 2021. Hal itu diumumkan saat rapat koordinasi BKN yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin, yang berlangsung di Bali, Kamis (1/07/2021).

Pemprov Gorontalo meraih dua predikat terbaik dari lima kategori, yakni terbaik I pengawasan dan pengendalian, serta terbaik I penilaian kompetensi. Dua kategori lain berada di peringkat terbaik III, yakni penilaian kinerja serta kategori implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT. Sementara satu kategori lainnya tidak berhasil diraih, yakni perencanaan kebutuhan.

Bacaan Lainnya
(Foto: Istimewa)

“Jadi penilaiannya dibagi berdasarkan kategori kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi. Provinsi dibagi lagi berdasarkan tipe di mana Pemprov Gorontalo berada dalam kategori provinsi tipe C dengan jumlah ASN kurang dari 5.000 orang,” beber Kepala Badan Kepegawaian (BKD), Zukri Surotinojo yang mengikuti rakornas bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Darda Daraba secara daring.

Baca juga: Boalemo Terima Gilingan Padi Modern Dari Pemprov

Zukri mengatakan, penilaian kompetensi dinilai sejauh mana pemprov menerapkan standar kompetensi yang baik dari aspek sosiokultural, manajerial, dan kompetensi teknis.

Predikat ini juga erat kaitannya dengan penempatan pejabat yang tidak berdasarkan suka atau tidak suka, tetapi berdasarkan prinsip orang yang tepat di tempat yang tepat.

“Contohnya untuk pengisian jabatan struktural khususnya JPT (jabatan pimpinan tinggi). Kita konsisten melaksanakan seleksi terbuka dan merit sistem. Artinya, seleksinya berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Jadi, bukan soal suka tidak suka,” imbuhnya.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Salurkan Bantuan Benih Padi Untuk Lahan Kering di Boalemo

Kategori pengawasan dan pengendalian di antaranya diiukur dari penempatan pegawai berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kriteria. Begitu juga dengan pelayanan kenaikan pangkat dan lainnya.

“Termasuk juga penerapan disiplin. Penerapan penegakan disiplin kita cukup baik dan patuh terhadap aturan yang ada,” sambungnya.

Atas perdikat tersebut, Zukri mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Gorontalo, Wakil Gubernur, Sekdaprov Gorontalo, yang telah membuka ruang manajemen ASN sebaik-baiknya.

“Bagaimanapun juga, penerapan manajemen ASN tidak terlepas dari keinginan politik yang baik dari pemangku kepentingan,” tutupnya. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait