Pemprov Gorontalo Wajibkan Penerima Bantuan untuk Berkebun

  • Whatsapp
RH
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Saat Diwawancara Awak Media Usai Melakukan PENINJAUAN Apotek dan Dapur Hidup Pekarangan Rumah Calon Penerima Motor Cool box 2020 Bertempat di Rumahnya Raden Katili, Kel. Lekobalo, Kec. Kota Barat, Kab. Gorontalo, Selasa (02/06/2020). Foto: Hendra 60DTK

60DTK, Gorontalo – Guna mewujudkan ketahanan pangan keluarga, Pemerintah Provinsi Gorontalo mewajibkan kepada masyarakat penerima bantuan untuk berkebun di pekarangan rumah. Hal ini disampaikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat diwawancara awak media, Selasa (02/06/2020).

Rusli, mengungkapkan bagi masyarakat penerima bantuan seperti penerima bantuan sepeda motor berkotak pendingin (cool box) ini diwajibkan berkebun. Seperti menanam sayur-sayuran, rempah-rempah dan lain sebagainya yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Bacaan Lainnya

“Mulai tahun 2020 ini saya mempersyaratkan setiap penerima bantuan dari program pemprov untuk berkebun menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah. Jadi bapaknya dapat motor untuk jualan ikan, istrinya berkebun. Bibit dan polybag-nya kita bantu gratis,” ucap Rusli.

Baca Juga: 70 Personel Kepolisian Siap Amankan Perbatasan Gorontalo

Bukan Hanya itu, Rusli menjelaskan masyarakat tidak perlu khawatir soal berkebun dengan lahan yang terbatas, cukup menanam sayur dan rempah-rempah menggunakan sistem tanam di Polybag. Menariknya, masyarakat tidak perlu cemas saol bibit dan bahan-bahan, itu kata Rusli Pemerintah akan menyediakan dan memberikan secara gratis.

Kebun
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Meninjau “Dapur Hidup” di Rumah Calon Penerima Motor Cool box 2020 Bertempat di Rumahnya Raden Katili, Kel. Lekobalo, Kec. Kota Barat, Kab. Gorontalo, Selasa (02/06/2020) Foto: Hendra 60DTK

“Kita wajibkan istrinya atau (halaman) rumahnya harus ada tanaman seperti ini, tanaman yanh dibutuhkan setiap hari, ada cabe tomat, bawang, sayur-sayuran yang organik semua, benihnya kita bantu, apa yang mereka mau, polibeknya, tanahnya juga,  wadahnya, kita akan berikan, mereka akan jadi corong pada tetangganya,” ungkapnya.

Baca Juga: Tiga Pasien Covid-19 Di Gorontalo Dinyatakan Sembuh, Total 29 Orang

Sementara itu, Penerima Bantuan dari pemerintah, Raden Katili, mengungkapkan dirinya telah menanam sayur-sayuran berupa tomat, rica, dan kebutuhan lainnya ini sudah setahun yang lalu sebelum menerima bantuan, dan ini soal menanam begini kata Raden sangat membantu dirinya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Profesi saya cuman pedagang ikan, ba tanam ini sebelum dia (Gubernur) Kasih bantuan, terus lantaran bawahannya datang kerumah dia melihat ada tanaman ini bagus, terus pak Gub bilang kalau betul-betul saya datang kerumahnya,” kata Raden.

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait