Pemrov dan Kabupaten Kota se-Gorontalo Sepakat Siapkan Mobil Operasional Swab Test

  • Whatsapp
Rusli Habibie
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Saat Diwawancara Awak Media Usai Menggelar Rapat Forkopimda Terbatas Bersama Kapolda, Danrem, Kajati, Kabinda, Ketua Deprov, Bupati Kabupaten Gorontalo, Bupati Bone Bolango, Walikota Gorontalo, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Ketua DPRD Kota Gorontalo dan Ketua DPRD Bone Bolango, di Rujab Gubernur, Selasa (21/07/2020). Foto: Hendra 60DTK

60DTK, Gorontalo –  Sebelumya laboratorium  Swab Test Covid-19 Gorontalo hanya ada di Balai POM maupun TCM RSAS, kali ini pemerintah Provinsi Gorontalo akan menyediakan Mobil Operasional Swab Test.  Pemrov mewacanakan menyediakan 2 unit, sedangkan kabupaten kota, masing-masing 1 unit.

Artinya uji spesimen sudah bisa dilakukan di setiap daerah. Sehingga tidak menunggu lagi hasil Swab dari Balai POM atau di TCM di RSAS.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Siap-Siap!! Pelanggar Protokol Kesehatan Terima Sanksi

Gubernur Gorontalo, Rusli  Habibie menjelaskan, ini sebagai upaya pemerintah untuk mengendalikan penularan Covid yang meningkatkan secara signifikan.

“Ya, saya putuskan tadi akan ada pengadaan mobil untuk pelayanan kepada masyarakat, pemeriksaan Swab yang sangat canggih sudah ditawarkan, kebetulan kita dapat Dana DID sebagian kita akan gunakan di APD Rapid Test,”  ungkap Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat diwawancara awak media usai menggelar rapat bersama Forkopimda, Selasa (21/07/2020).

Baca Juga: Pemprov Gorontalo Alokasikan 1,5 Ton Bantuan Cadangan Beras Di Bone Bolango

Rusli menambahkan,  Pengadaan Mobil uji Swab ini akan membantu Gugus tugas untuk melakukan tracking kontak untuk pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

“Memang kita naik, karena kita semakin rajin turun ke lapangan melakukan tracking jadi terkumpul banyak, sehingga masih banyak lagi, kami berharap ini juga segera selesai, ini juga tergantung pada kesadaran masyarakat, ” tegasnya.

Ia juga menegaskan pengadaan mobil uji Swab berdasarkan anggarannya dari Dana Insentif Daerah (DID) yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. (adv)

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait