Pentadio Resort Ditutup, Pemda Merugi?

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, awal tahun 2021 ini, obyek wisata Pentadio Resort tidak dibuka untuk para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu libur tahun baru bersama keluarga, rekan kerja, maupun kerabat dekat.

Obyek wisata yang terletak di Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, memang sengaja ditutup oleh pemerintah setempat sejak 31 Desember 2020, dan kemungkinan baru akan dibuka pada 4 Januari nanti.

Hal ini terpaksa dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya kerumunan massa yang dapat memunculkan klaster baru penularan Covid-19. Pasalnya, sejak beberapa bulan terakhir, pemerintah terus berupaya memutus rantai penularan virus yang telah merenggut nyawa ribuan orang di Indonesia itu.

Apalagi, Pentadio Resort ini masih menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Gorontalo, meskipun masih ada obyek wisata seperti hutan pinus Dulamayo dan hutan Pinus Mootilango yang sangat menarik dikunjungi.

Baca Juga: Ketika Pemerintah Menutup Tempat Wisata, Warga Lari Ke Bendungan

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa penutupan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Gorontalo ini juga turut berpengaruh pada pendapatan pemerintah daerah se tempat.

“Kalau libur tahun baru 2020 lalu, itu yang kita dapatkan sekitar Rp.50.000.000,” beber Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharuddin, Sabtu (02/01/2020), melalui sambungan telefon.

Akan tetapi, kata Syamsul, penutupan ini tidak menjadi masalah bagi Pemerintah Daerah. Sebab menurutnya, jika wisata ini dibuka dan muncul klaster baru, maka pemerintah harus bertanggung jawab. Sementara, belanja daerah untuk penanganan covid-19 justru lebih besar.

“Ini untuk kebaikan masyarakat, jadi tidak ada masalah dengan penutupan ini, apalagi dengan pendapatan itu. Justru kalau kita buka dan muncul klaster baru, kan pengeluaran justru lebih besar,” jelasnya.

Baca Juga: Ini Daftar Smartphone yang Tak Bisa Gunakan Whatsapp Tahun 2021

Lebih jauh, Ia juga mengatakan bahwa pendapatan itu masih bisa didapat pada waktu-waktu yang akan datang. Sebab pada tahun ini, pemerintah optimis bisa mencapai target kunjungan wisatawan di angka 200.000.

“Memang uang itu (Read: yang didapat jika pentadio dibuka) tidak akan kembali. Tapi waktu kan masih panjang, dan kita optimis tahun ini bisa mencapai target kunjungan wisatawan,” tandasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles