Perangkat Desa di Kabgor Diminta Lakukan Pendataan Lebih Cepat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, saat membuka rapat penyusunan buku data potensi pembangunan desa, Selasa (18/02/2020). (Foto - Humas Kominfo Kabgor)

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), menggelar rapat penyusunan buku data potensi pembangunan desa yang berfokus pada penguatan statistik sektoral Kabupaten Gorontalo tahun 2020, Selasa (18/02/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabgor, Haris Suparto Tome, di Aula Kantor BPS Kabupaten Gorontalo, dan diikuti oleh setiap perangkat desa di Kabgor.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Dikoordinir Kadis Kominfo Kabgor, Wartawan Dan Komunitas Galang Dana Untuk Toli – Toli

Pada kesempatan tersebut, Haris Tome menegaskan bahwa data yang berisi berbagai informasi dari setiap desa harus didokumentasikan dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi. Menurutnya, jika data – data tersebut disimpan secara daring (online), itu akan lebih mudah dilihat kapan pun dan di mana pun.

Tidak hanya itu, Ia juga mengingatkan agar perangkat desa dapat mendata segala sesuatu dengan lebih cepat, mengingat pada tahun sebelumnya ada beberapa kasus yang terinformasi kepada Pemerintah Kabgor hanya melalui media sosial.

Baca juga: Ini Harapan Haris Tome Untuk Menteri Kominfo RI Lima Tahun Ke Depan

“Kadang walaupun kita sudah tinggal di desa, yang punya penyakit hydrosevalus luput dari pantauan kita di desa untuk didata. Contoh tahun kemarin di Tolangohula. Contoh lain juga rumah layak huni, orang desa tidak menginformasikan, tapi facebook menginformasikan. Kalau begitu cara kita bekerja, maka kita akan terus dirisak (bully). Kita harusnya bertindak sebelum itu muncul di berbagai media,” ujar Haris.

Namun, meski begitu, Haris juga meminta agar pendataan yang dilakukan harus detail, agar data yang ada tetap lengkap dan benar.

Baca juga: Haris Tome Resmi Jabat Ketua Umum Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Se – Indonesia

“Saya berharap ini bisa diikuti dengan baik, dan kami juga akan bekerja dengan baik,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait