Pihak Deprov Melihat Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Akan Beri Dampak Ganda

  • Whatsapp
Jajaran Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo saat mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Rabu (22/12/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Kabupaten Bone Bolango – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Sun Biki menyebut Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango yang saat ini sementara dibangun akan memberikan dampak berganda (multiplier effect) bagi masyarakat.

Selain dapat mencegah terjadinya banjir di wilayah Bone Bolango dan Kota Gorontalo, bendungan yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) ini juga bisa menjadi sumber persediaan air baku dan lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Bacaan Lainnya
Jajaran Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo saat mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Rabu (22/12/2021). (Foto: Istimewa)

“Pembangunan Bendungan Bulango Ulu ini akan memberikan multiplier effect baik dalam pengendalian banjir, penyediaan air baku, dan penyediaan energi listrik sekitar 4,9 megawatt,” beber Sun Biki di sela-sela kunjungan Komisi III Deprov Gorontalo di lokasi pembangunam Bendungan Bulango Ulu, Rabu (22/12/2021).

Karena hal itu, Sun Biki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memprogramkan dan mengalokasikan dana bernilai besar untuk pembangunan bendungan tersebut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama mendukung dan menyukseskan pekerjaan ini, sehingga bisa selesai pada waktunya paling lambat akhir tahun 2024,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BWS Sulawesi II, Marwansyah menambahkan, pembangunan Bendungan Bulango Ulu sendiri telah dimulai sejak bulan Maret 2021 lalu.

Saat ini, mereka sementara mengerjakan terowongan pengelak (diversion tunnel), galian bendungan, serta jalan yang menjadi akses masyarakat setempat.

“Untuk progres kegiatan sejauh ini alhamdulillah sudah mencapai tujuh persen, dari paket satu dan paket dua,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait