Pj Gubernur Gorontalo Sebut BPS Punya Peran Strategis Bagi Daerah

  • Whatsapp
Pj Gubernur Gorontalo Sebut BPS Punya Peran Strategis Bagi Daerah
Suasana pertemuan Pj Gubernur Hamka Hendra Noer dengan BPS Provinsi Gorontalo di ruang kerjanya, Rabu (24/5/2022). Foto: Salman.

60DTK.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyebut, Badan Pusat Statistik (BPS) mempunyai peran strategis dalam menentukan langkah pemerintah.

Hal ini mengemuka saat ia menerima kunjungan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo di ruang kerjanya, Rabu (24/5/2022).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Hamka meminta BPS bisa memberikan rekomendasi terkait penngentasan kemiskinan yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Saya minta kepada Kepala BPS tidak hanya memberikan rekomendasi terhadap hasil survei yang ada, tetapi memberikan rekomendasi apa saja yang harus kita lakukan. Sehingga sinergi dengan program pemerintah provinsi,” pinta Hamka.

Hamka menginginkan, BPS bisa mengevaluasi program dan kebijakan pemerintah apakah sudah mendukung upaya pengentasan kemiskinan atau sebaliknya.

“Ada program yang mungkin kami pemerintah merasa dibutuhkan masyarakat, tetapi masyarakat kurang begiru perlu dalam tanda kutip. Sehingga mendorong angka kemiskinan harus berdasarkan suplai data dari BPS,” jelas Hamka.

“Indikator apa yang harus kita perbaiki, dan dari situ kita rancang program yang menyentuh masyarakat,” imbuh Hamka.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif menyambut baik permintaa Pj Gubernur tersebut. Ke depan pihaknya akan berupaya memberikan data dan rekomendasi sesuai permintaah pemerintah provinsi.

“Karena BPS yang mengumpulkan data, tentu kami di anggap tahu permasalahannya. Itu arahan beliau yang saya pikir harus saya tindaklanjuti bersama tim,” ujar Kepala BPS. (ksm/rls)

Pos terkait