Produksi Rumput Laut di Gorut Masuk Tahap Uji Kandungan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Ramlah Mustapa sedang meninjau langsung proses uji coba hasil kandungan keragenan jenis eucheuma cocottonii dari UPTD BPSMB Provinsi Gorontalo, Minggu (27/01/2022). (Foto: DKP Gorut)

60DTK, Gorontalo Utara – Hasil produksi budidaya rumput laut yang digarap beberapa bulan kemarin oleh masyarakat di Desa Popalo, Ilodulunga, Tolango, dan Langge, Kecamatan Anggrek; dan Desa Botungobungo dan Mootinelo Kecamatan  Kwandang, saat ini sudah diuji kandungan keragenan jenis eucheuma cocottonii dari UPTD Balai Pengujian Dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Gorontalo.

“Belum lama ini hasil produksi budidaya rumput laut di Gorontalo Utara sudah dilakukan uji keragenan dari UPTD BPSMB Provinsi Gorontalo Utara untuk dilakukan uji kandungan karagenan jenis eucheuma cottonii,” ungkap Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Ramlah Mustapa saat dikonfirmasi via whatsapp, Jumat (4/03/2022).

Bacaan Lainnya

Ramlah mengatakan, uji jenis kandungan keragenan ini sangat penting peranannya sebagai pengatur keseimbangan, agar kuantitas dan kualitas produksi rumput laut di perairan Gorontalo Utara tetap terjaga.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Ramlah Mustapa (pertama dari kanan) saat mendampingi tim dari UPTD BPSMB Provinsi Gorontalo, dalam menguji kandungan keragenan pada rumput laut, Minggu (27/01/2022). (Foto: DKP Gorut)

“Uji keragenan ini penting, karena itu untuk menguji mutu dan kualitas yang dimiliki oleh rumput laut yang telah dibudidayakan oleh masyarakat Gorontalo Utara,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Ramlah berharap agar aktivitas pembudidaya rumput laut di Gorontalo bisa lebih meningkat lagi dengan tujuan untuk memajukan daerah lewat sektor budidaya rumput laut.

“Dengan harapan produksi  rumput laut sebagai bahan baku akan memberikan hasil olahan yang bernilai positif, terutama bahan olahan makanan, obat-obatan, kosmetik, dan olahan rumput laut lainnya di Kabupaten Gorontalo Utara dari segi kualitas tetap terjamin, sehingga antara kuantitas dan kualitas seiring sejalan yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pembudidaya, khususnya budidaya rumput laut,” tukas Ramlah. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait