Ribuan Warga Lamahu Serbu Pasar Murah Pemprov

60DTK – BONEBOL : Ribuan warga antusias mengikuti pasar murah serba 5 Ribu yang digelar oleh Pemprov Gorontalo di Des Lamahu, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (21/3/2019). Berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, bawang merah, bawang putih dijual dengan harga Rp5 Ribu per kilogramnya.

Khusus untuk telur ayam, dihargai Rp5 Ribu per 10 butirnya. Ada juga ikan tuna atau cakalang dengan harga yang sama. Acara yang dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan jajaran pimpinan OPD itu pun suasananya berubah seperti pasar harian.

“Saya senang pak (bisa belanja di pasar murah). Biasanya saya beli beras satu kilo Rp8.000 per liter, sekarang Cuma Rp5 Ribu per kilo. Ini sudah sangat murah,” terang Yusuf Abdullah, warga paruh baya asal Desa Huntu Utara, Kecamatan Bulango Selatan.

BACA JUGA : Baksos NKRI Perduli Sambangi Warga Bilato

Hal senada juga diungkapkan oleh Maspi Ahmad, warga Desa Sejahtera. Perempuan yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual makanan di sekolah itu merasa sangat terbantu. Sembako murah tidak saja dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, tapi juga menekan ongkos produksi dagangannya di sekolah.

“Saya baru beli minyak goreng sama gula. Biasanya minyak goreng Rp12 Ribu sekarang harganya lebih murah. Saya ucapkan terima kasih buat bapak Gubernur Rusli dan jajarannya,” kata Maspi.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan bahwa pasar murah sudah ada sejak tahun 2016 lalu. Ia menampik tudingan jika agenda tersebut digelar karena ada Pemilu 2019.

BACA JUGA : 60 Pengelola Perpustakaan Sekolah Ikuti Bimtek Dari Arpus

“Perlu saya sampaikan, program ini sudah ada sejak tahun 2016, bukan nanti sekarang. Jadi tidak ada hubungannya dengan politik. Bahkan saat puasa nanti pasar murah ini akan kita intensifkan lagi di tiap kecamatan,” ucap mantan Bupati Gorontalo utara itu.

Baksos NKRI Peduli di Bulango Selatan juga diisi dengan penyerahan berbagai bantuan pemerintah. Ada penyerahan bantuan Rumah Hunian Idaman Rakyat (RH-IR), penyerahan benih padi dan bantuan sepeda motor ber cool box bagi penjual ikan keliling.

Kabupaten Bone Bolango mendapatkan jatah benih padi sebanyak 51.300 kg dengan nilai Rp513.000.000 untuk 96 kelompok. Motor ber cool box untuk 9 orang senilai Rp225.000.000 serta Rumah RH-IR sebanyak 71 unit senilai Rp2,3 Miliar se Kabupaten Bone Bolango.