Baksos NKRI Perduli Sambangi Warga Bilato

60DTK – KABUPATEN GORONTALO : Gelaran Bakti Sosial NKRI Peduli yang digagas oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie terus berlanjut. Kali ini dipusatkan di Desa Bumela, Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, Rabu (20/03/2019).

Raut wajah Anton Thalib (46) sore itu tampak berseri-seri. Dengan setelah kaos berkerah, celana pendek dan topi putih, ia antusias hadir di Bakti Sosial NKRI Peduli yang digelar di kampungnya. Ia ingin berterima kasih langsung kepada Gubernur Rusli karena menjadi salah satu penerima bantuan Rumah Hunian Idaman Rakyat (RH-IR).

“Saya ingin berterima kasih sebanyak-banyak kepada Bapak Gubernur Rusli Habibie karena sudah menerima rumah layak huni. Sebelum-sebelumnya saya belum dapat, tapi tahun kemarin sudah dapat,” kata ayah tiga orang anak itu dengan bahasa Gorontalo yang kental.

BACA JUGA : Wagub Tinjau Penggilingan Batu Andesit Gorontalo

Pria warga Desa Lamahu itu bercerita, sebelum mendapat bantuan ia selama ini tinggal di rumah papan dengan atap rumbia. Petani jagung itu bertahan hidup bersama istri dan anak-anaknya di rumah yang tidak layak.

“Rumah saya dulu rumah papan pak, itu pun sudah lubang-lubang. Kalo jari saja dimasukkan dari luar, tembus sampai ke dalam rumah. Alhamdulillah sekarang sudah bagus,” kisahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yusuf Puti, Ketua Kelompok Tani Sinar Mentari 3 yang menerima bantuan benih jagung gratis. Menurutnya, bantuan yang diserahkan sangat membantu bagi 14 orang petani yang ada di kelompoknya.

“Kami mengolah 22 hektar lahan jagung pak. Sekarang sudah masuk musim tanah, jadi benih yang dibagikan ini sangat berarti bagi kami,” ucapnya warga Desa Bumela itu.

BACA JUGA : Gorontalo Lolos Ke Tahap Penilaian III Nominator Penerima PPD 2019

Pada Bakti Sosial NKRI Peduli tersebut, Gubernur Rusli menyerahkan simbolis benih jagung bagi petani se Kecamatan Bilato. Di kecamatan itu, Dinas Pertanian mengalokasikan 19.725 kg benih gratis untuk 1.315 ha lahan.

Secara keseluruhan, di Kabupaten Gorontalo ada 347.978 kg benih yang siap dibagikan untuk 642 kelompok tani. Bantuan senilai Rp15.311.032.000 itu untuk lahan jagung seluas 23.198 ha.

Selain penyerahan bantuan jagung dan rumah RH-IR, baksos juga diisi dengan pasar murah. Sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, rempah rempah dan ikan tuna dijual serba Rp5.000 per kilogramnya. Telur 10 butir juga hanya dihargai Rp5.000 per 10 butirnya. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov