Ryan Kono: Pembinaan Atlet E-Sport di Gorontalo Harus Mulai Dipikirkan

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono (kedua dari kiri) saat menjadi pembicara di acara talk show e-sport yang berlangsung di Bele Limbui, Selasa (20/09/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono melihat pembinaan atlet e-sport di Provinsi Gorontalo secara umum harus mulai dipikirkan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

Hal ini Ia tekankan saat menjadi keynote speaker pada acara talk show e-sport dengan tema: Menakar Industri E-Sport, Membantu Ekonomi Daerah dan Ekosistem Digital yang berlangsung di Bele Limbui, Selasa (20/09/2022).

Bacaan Lainnya

“E-sport ini kan sudah menjadi cabang olahraga, dan itu harus menghasilkan prestasi. Nah, (kita harus pikirkan) bagaimana kita melakukan pembinaan-pembinaan terhadap atlet atau calon atlet e-sport ini ke depan,” ujar Ryan.

Ia memandang olahraga elektronik tersebut sangat menjanjikan di waktu mendatang. Selain bisa mengharumkan nama daerah dengan torehan prestasi, olahraga ini juga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat bahkan daerah.

Terbukti, kata Ryan, selama pandemi covid-19 saja, pertumbuhan ekonomi dari cabang e-sport tersebut cukup tinggi karena animonya juga tinggi.

“Esport ini bukan hanya pemainnya (atlet) saja, banyak pihak yang bakal terlibat. Misalnya penyelenggaran Piala Gubernur ini, ini kan melibatkan event organizer, UMKM dan pihak-pihak lainnya. Mereka bisa terbantu dalam hal ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait