Sampah Sisa Tumbilotohe Masih Berserakan Di Sekitar GORR Talumelito

60DTK-KABGOR – Pelaksanaan Festival Tumbilotohe di Desa Talumelito, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo beberapa waktu lalu meninggalkan bekas sampah yang tersebar di pinggiran jalan GORR.

Terpantau, khusus di dusun II, hingga Sabtu (22/06/2019), bekas lampu tonggolo’opo yang terbuat dari bahan bambu ini masih berserakan di tempat tersebut.

Saat dikonfirmasi pada pemerintah setempat, Sekretaris Desa Talumelito, Saleh Akub menjelaskan, sampah yang ada hanya tinggal merupakan sisa bambu yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Lihat juga : Pasar Senggol Menyisahkan Tumpukan Sampah

Tidak hanya itu, kepada awak media, Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya aparat desa bersama masyarakat Talumelito sudah melaksanakan kerja bakti di wilayah lainnya di Desa Konservasi Budaya itu.

“Jadi yang akan dibersihkan hanya tinggal di Dusun II itu. Memang rencana hari Jumat kemarin, tapi terkendala karena kami harus menerima kunjungan,” ungkap Saleh saat ditemui, Sabtu (22/06/2019) sore.

Menurutnya, selaku pemerintah desa mereka memiliki tanggung jawab untuk memimpin masyarakat saat membersihkan sampah tersebut. Mereka tidak semena – mena memberikan perintah, malainkan ikut besama masyarakat.

“Kan kasihan juga, mereka sudah membersihkan di tempat lain. Jadi harus dipandu,” ujar Saleh.

Lebih lanjut, Saleh mengaku akan secepatnya melakukan koordinasi dengan Kepala Dusun II terkait pembersihan sampah di pinggiran jalan GORR itu.

“Insyaallah hari Senin, saya akan jadwalkan ulang kapan kerja bakti untuk membersihkan tempat itu. Yang pasti kami akan lakukan secepatnya,” tukasnya.

 

 

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles