Sekdaprov Gorontalo Lepas Kafilah MTQ Provinsi Gorontalo

60DTK, Gorontalo: Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Darda Daraba, melepas kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Gorontalo, di Aula Asrama Haji, Kamis (12/11/2020).

Pada ajang MTQ Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 12–21 November 2020 di Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Gorontalo mengirim kafilah sebanyak 79 orang. Dari jumlah tersebut, 43 terhitung sebagai peserta, sementara sisanya adalah pelatih, official, serta pendamping dari pemerintah dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Gorontalo.

Darda mengatakan, sudah kesekian kalinya Provinsi Gorontalo mengikuti MTQ Nasional, untuk itu, diharapkan anggota kafilah dapat menajaga kekompakan dan nama baik daerah, sekalipun tujuan utama dari pelaksanaan MTQ ini adalah untuk menyebarluaskan syiar islam.

“MTQ ini sebagai ajang silahturahmi sesama umat Islam. Untuk itu, Bapak Gubernur dan Pak Wagub berharap, setibanya di arena MTQ, kafilah Provinsi Gorontalo mampu menjalin kebersamaan dengan kafilah lainnya. Memang kita memiliki keinginan untuk menjadi yang terbaik, tetapi janganlah keinginan itu akan merusak hubungan silaturahmi di antara kita,” ujar Darda.

Selain itu, Darda juga berpesan kepada seluruh anggota kafilah MTQ Provinsi Gorontalo, untuk senantiasa menjaga kesehatan, karena masih berada di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Harian LPTQ Provinsi Gorontalo, Rasin Dama menjelaskan, pihaknya sudah memaksimalkan persiapan menghadapi MTQ Nasional dengan melakukan pembinaan dan pelatihan secara intensif dalam dua tahap, yakni secara daring dan tatap muka. Sebanyak delapan pelatih dilibatkan dalam menangani pusat pelatihan tersebut.

“43 peserta ini merupakan hasil seleksi MTQ 2020 tingkat Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan di Kabupaten Gorut. Karena dalam kondisi pandemi, kita lakukan latihan dalam dua tahap, secara daring dari tanggal 15 Oktober sampai 1 November 2020. Kemudian secara tatap muka itu mulai dari tanggal 1 sampai dengan 8 November 2020,” ungkap Rasin.

Sesuai protokol kesehatan pelaksanaan MTQ Nasional, seluruh kafilah MTQ Provinsi Gorontalo juga telah mengikuti pemeriksaan PCR swab test pada tanggal 9 November 2020, dan seluruh kafilah dinyatakan negatif dari Covid-19 oleh BPOM Provinsi Gorontalo. Seluruh kafilah juga akan dibekali dengan APD berupa masker, pelindung wajah (face shield), dan penyanitasi tangan (hand sanitizer).

Kafilah Provinsi Gorontalo akan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan pada MTQ. Di antaranya, tilawah Alquran, qiraah Alquran, fahmil Quran, syarhil Quran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, kaligrafi Alquran, dan karya tulis ilmiah yang diikuti peserta putra putri tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa. Kafilah Provinsi Gorontalo akan berangkat pada hari ini, Jumat, 13 November 2020.

Diketahui, turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Syafrudin Baderung; dan Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra, Setda Asri Banteng. (adv/rls)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles