Semangat Membara Bupati Pohuwato di Upacara Hari Guru dan HUT PGRI

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat membagikan bunga kepada sejumlah siswa, Jumat (25/11/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menghadiri upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-77 PGRI tingkat Kabupaten Pohuwato yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Jumat (25/11/2022).

Di momen itu, Saipul menjelaskan bahwa tepat tanggal 25 November 2022 seluruh masyarakat sama-sama mengenang sejarah 77 tahun lalu, ketika para guru di seluruh tanah air yang tergabung dalam puluhan organisasi guru yang berbeda paham dan golongan, dengan semangat dan niat mulia bersepakat melebur menjadi satu wadah organisasi, yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Tepat seratus hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 25 November 1945 PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan, memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat untuk memajukan pendidikan nasional,” ujar Saipul berapi-api.

“Setelah 77 tahun Indonesia merdeka, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan yang bersifat independen senantiasa terus dijaga dan melekat dalam dada pengurus, pejuang, aktivis, dan para guru, pendidik, serta tenaga kependidikan,” imbuhnya masih dengan semangat yang membara.

Ia mengungkapkan, guru tidak dapat digantikan oleh teknologi, guru adalah suri teladan, kawan belajar, dan pemberi semangat ulung agar bara api anak didik tetap menyala untuk terus belajar meraih mimpi.

“Guru juga dituntut menjadi pembelajar sejati, sehingga kehadiran guru tetap relevan sepanjang waktu termasuk ketika kita memasuki era masyarakat milenial saat ini,” ungkap Saipul.

Di akhir sambutan, Ia tak lupa mengucapkan selamat HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022 kepada para guru di seluruh wilayah Kabupaten Pohuwato.

“Semoga dedikasi dan pengabdian kita menjadi suluh penerang bagi bangsa, negara, dan kemanusiaan, serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terima kasih kepada para guru se-Kabupaten Pohuwato, pahlawan yang penuh jasa melahirkan generasi unggul di masa kini dan masa depan menuju Pohuwato yang sehat, maju, dan sejahtera,” tandas Saipul. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait