Semeru Siap Sambut Para Pendaki!

60DTK-NASIONAL – Setelah melalui fase penutupan yang cukup panjang sejak tanggal 3 Januari 2019 silam, akhirnya pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengumumkan pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru, terhitung tanggal 12 Mei 2019 mendatang.

Dari siaran pers yang disebarkan oleh pihak TNBTS, Kamis (9/05/2019), dijelaskan bahwa memang setiap tahunnya, kawasan TNBTS, khususnya Gunung Semeru selalu melalui fase penutupan dalam rangka pengelolaan kawasan.

Baca juga : Jalur Pendakian Gunung Semeru Sudah Dibuka!

Penutupan pendakian ini merupakan bagian dari manajemen pelayanan TNBTS, mengingat pendakian masuk dalam kategori wisata minat khusus yang membutuhkan berbagai sarana prasarana, yang mendukung keberlangsungan pendakian, seperti jalur pendakian, cuaca yang mendukung, serta kondisi ekologi gunung itu sendiri.

Adapun pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Semeru, tentu berdasar pada banyak pertimbangan dan pengamatan langsung pihak TNBTS terhadap kondisi Gunung Semeru.

Dikatakan, berdasarkan pengamatan selama bulan Maret sampai dengan April 2019, frekuensi hujan di seluruh kawasan TNBTS relatif menurun atau tidak terlalu ekstrem, sehingga memungkinkan untuk dilalui para pendaki.

Selain itu, pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru ini, juga didahului dengan berbagai macam kesiapan pengelola untuk memastikan Semeru layak dan kondusif untuk kegiatan pendakian.

Diantaranya, survei jalur pendakian yang dilakukan langsung oleh pihak TNBTS: perbaikan sarana prasarana jalur pendakian: rapat koordinasi dengan stakeholder terkait: hingga pelatihan kesiapsiagaan bencana yang diikuti oleh pihak TNBTS, mitra, serta volunteer TNBTS.

 

Pewarta : Nikhen Mokoginta

QR Code

Comments are closed.