Tak Ada Festival, Marten Taha Laksanakan Tumbilotihe Secara Sederhana

60DTK, Kota Gorontalo – Wali Kota Gorontalo Marten Taha melaksanakan  Tumbilotihe atau Pasang  Lampu secara sederhana, tanpa ada acara ceremonial, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Malam tanggal 27 Ramadhan sebagaimana tradisi masyarakat adat budaya Gorontalo, yaitu disebut malam Tumbilotohe atau pasang lampu. Maka sebagai tanda bahwa malam ini adalah malam ke-27 Ramadhan yang diyakini sebagai malam Lailatul Qadar, maka kita melakukan pemasangan perdana lampu di depan rumah dinas,” ungkap Marten saat diwawancara, Sabtu (8/5/2021) malam.

Tak Ada Festival, Marten Taha Laksanakan Tumbilotihe Secara Sederhana
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha Didampingi istri Bersama Wakil Wali Kota, Ryan Kono Melaksanakan Tumbilotohe di Malam ke-27 Ramadhan 1442 Hijriah, di Depan Rumah Dinas Wali Kota, Sabtu (8/5/2021). Tumbilotohe Ini Dilaksanakan Secara Sederhana Tanpa Ada Kegiatan Ceremonial. (Foto: Hendra 60DTK)

Dijelaskan, pasang lampu ini diikuti oleh rumah-rumah yang ada di kota Gorontalo.

pemuda

“Akan tetapi karena kita melarang adanya festival adanya perayaan-perayaan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya seremonial, maka pasang lampu tahun ini hanya dipasang begitu saja di depan rumah masing-masing atau di gedung atau di tempat-tempat,” jelas Marten.

Baca Juga: Patuh di Contoh, Wali Kota Gorontalo Bayar Zakat di Malam Ke 27 Ramadhan

Sehingga adanya pelarangan Festival Tumbilotohe ini, tanpa mengurangi pelestarian Tradisi Tumbilote di Gorontalo.

“Kita rawat yang kita dapat wariskan kepada anak-anak kita. Kan ini menjadi ciri khas bagi kita sebagai daerah yang punya falsafah adat bersendi syarak syarak bersendi kitabullah,” ujar Wali Kota dua periode tersebut. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles