Tak Berhenti, Penjagub Gorontalo Kini Bangun Komunikasi Baik dengan PM Malaysia

  • Whatsapp
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat makan siang bersama Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim di pelataran Masjid Sikamat, Distrik Seremban, Negeri Sembilan Malaysia. (Foto: Istimewa)

60DTK, Gorontalo – Setelah mengurus investasi dan beberapa hal lainnya, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer terus melanjutkan kunjungannya di Malaysia. Kali ini, Ia bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim, Jumat (14/01/2023).

Pertemuan dengan PM Malaysia itu berlangsung di halaman Masjid Sikamat di Distrik Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia. Anwar Ibrahim bahkan mengajak Hamka untuk makan siang bersama sebelum salat Jumat, sambil bercerita tentang misi dagang Gorontalo di Malaysia.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Kami bertemu cukup lama, lebih dari setengah jam. Beliau mengajak makan makanan khas Seremban, ada juga es cendol. Selain menyampaikan maksud kedatangan kami, beliau juga banyak bercerita soal tokoh-tokoh HMI karena beliau sempat dikader di HMI,” jelas Hamka melalui sambungan telepon usai pertemuan.

Rupanya kehadiran Anwar di Masjid Sikamat merupakan bagian dari program “salat Jumat keliling” yang Ia lakukan usai dilantik sebagai Perdana Menteri pada 24 November 2022 lalu. Masjid di negara bagian Malaysia itu berjarak sekitar 45 km dari pusat administrasi Malaysia di Putrajaya.

“Beliau cerita kalau Seremban menjadi daerah penyokong terbesar saat pemilu kemarin. Beliau punya tradisi untuk salat Jumat di berbagai tempat,” imbuhnya.

Pertemuan keduanya berakhir saat mendekati salat Jumat. Hamka menyerahkan kain karawo, kain khas Gorontalo kepada PM Anwar. Akan menjadi suatu kebanggaan, kata Hamka, jika kain sulaman tangan warganya itu bisa digunakan oleh orang nomor 1 di Negeri Jiran itu.

Terkait dengan misi dagang yang sedang Ia jalani, Hamka menilai kepemimpinan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri membawa babak baru hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Pada 9 Januari kemarin bahkan Anwar berkunjung ke Indonesia dan diterima langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Sebelum bertemu beliau, kami juga diterima Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. Pak Dubes sampaikan bahwa ada harapan hubungan baik Indonesia–Malaysia akan terus meningkat beberapa tahun ke depan,” pungkasnya. (adv/rls)

Pos terkait