Tak Hanya Jantung, RS Aloei Saboe Diupayakan Jadi Rujukan 3 Penyakit Lainnya

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima plakat dari Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo terus melakukan upaya agar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aloei Saboe dapat meingkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara umum di waktu mendatang.

Selain bisa menangani pasien pengidap atau penderita penyakit jantung, rumah sakit tersebut diharapkan bisa menjadi rujukan pasien. penyakit lainnya seperti kanker, stroke, serta uronefrologi.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Hal itu diketahui setelah Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bersama sejumlah jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kamis (8/12/2022). Di sana, mereka diterima langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

“Kunjungan kerja kami ke Kemenkes ini merupakan satu rangkaian dari kunjungan kami sebelumnya, yaitu di rumah sakit harapan kita,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Muhammad Kasim.

“Tujuannya untuk membuka jejaring atau layanan utama di RS Aloei Soboe, mulai dari layanan penyakit jantung, stroke, ginjal, dan kanker,” tambahnya.

Agar hal itu bisa tercapai, kata Kasim, Pemerintah Kota Gorontalo akan menyiapkan sarana dan prsarana pendukung. Pada tahun 2023 nanti, mereka akan membangun beberapa infrastruktur.

Sementara untuk alat kesehatan dan sumber daya manusia (SDM), pemerintah akan dibantu oleh Kemenkes dan RS Jantung Harapan Kita.

“Termasuk juga dokter-dokter kita di Kota Gorontalo akan disekolahkan untuk spesialisasi penyakit-penyakit ini. Rencana Wali Kota, operasionalnya sudah bisa jalan di awal 2024,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait