Tak Perlu Lagi ke Perpustakaan, Pemkot Gorontalo Luncurkan Aplikasi iPerpus

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat meresmikan aplikasi iPerpus Kota Gorontalo, Kamis (8/12/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Jika kamu hobi membaca, atau membutuhkan buku bacaan tertentu untuk keperluan belajar, menyelesaikan tugas dan lain-lain, tidak perlu lagi capek-capek apalagi sampai mengeluarkan biaya hanya untuk datang ke perpustakaan.

Bila kamu tinggal di wilayah Gorontalo, khusu.snya Kota Gorontalo, aplikasi iPerpus bisa menjadi altenatif. Aplikasi ini merupakan inovasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, dan telah diresmikan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Kamis (8/12/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Aplikasi tersebut bisa dipasang di komputer, laptop, maupun smartphone. Untuk mendapat aplikasinya pun sangat mudah. Jika menggunakan handphone, kamu tinggal masuk saja ke playstore, cari aplikasi iPerpus Kota Gorontal, unduh, kemudian instal.

Setelah diinstal, langsung masuk ke dalam aplikasi. Nantinya kamu akan diminta mengisi email yang masih aktif, nama lengkap, alamat sesuai KTP, serta kata sandi sesuai keinginan.

Setelah ini dilakukan dengan benar, kamu akan mendapat pesan email dari iPerpus Kota Gorontalo. Dalam pesan tersebut, klik “tombol” verifikasi. Kalau semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi iPerpus.

“Perpustakaan digital ini memiliki kelebihan yaitu tidak dibatasi ruang dan waktu. Sehingganya, setiap pengguna atau user dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan handphone, PC atau laptop dan lain-lain, dan mempunyai koneksi internet,” jelas Marten Taha.

Dengan adanya aplikasi ini Marten berharap bu10.daya membaca masyarakat Gorontalo dapat tersorong. Sebab, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program For International Student Assessmen (PISA) yang dirilis Organization For Economic Co-Operation And Development (OECD) pada 2019, Indonesia masuk 10 negara dengan literasi rendah.

Selain itu, Wali Kota Gorontalo dua periode tersebut juga berharap aplikasi ini bisa mencerdaskan dan meningkatkan keberdayaan masyarakat Gorontalo secara umum.

“Harapan kami aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat Gorontalo pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya,” tandas Marten. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait