Upacara Hari Proklamasi Di Rudis Gubernur Gorontalo, Bernuansa Budaya

0

60DTK – Gorontalo : Upacara bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Jum’at (17/8/2018) tahun ini terlihat berbeda. Perbedaan yang mendasar terlihat dari pakaian yang dikenakan Gubernur Gorontalo, Wakil Gubernur, Walikota Gorontalo dan para pimpinan OPD.

Pada Upacara itu, mereka menggunakan pakaian adat Takoa berwarna kuning. Takoa merupakan pakaian kebesaran adat Gorontalo yang umumnya dipakai oleh para baate (pemangku adat) dan para pembesar negeri adat. Digunakannya pakaian adat Takoa oleh sejumlah peserta upacara ini menjadikan, upacara tersebut terasa nuansa adat Gorontalo.

Proses peringatan detik detik proklamasi di Gorontalo itu berlangsung sekitar pukul 09.45 Wita. Naskah proklamasi dibacakan Ketua DPRD Paris A. Jusuf. Bertindak sebagai komandan upacara Letnan Kolonel Inf. Iryanto yang juga menjabat Kasrem 133/Nani Wartabone.

Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dipercayakan kepada Letnan Dua Infanteri Azis Satrio Otolu, Komandan Peleton I Kompi Senapan Yonif 713 Satyatama.

Pengibar bendera yang terpilih yakni Fadilah Talu, Siswi SMA 3 Kota Gorontalo. Pengerek bendera Frengki Yanto dari SMA 1 Boliyohuto dan sebagai pembentang yakni Mohamad Reza Nento dari SMA 1 Marisa.(rls/rds)

Tinggalkan Balasan