10.000 Tonggolo’opo Akan Terangi Talumelito Saat Tumbilotohe

60DTK – KABGOR – Mewakili Kabupaten Gorontalo pada lomba Festival Tumbilotohe tingkat Provinsi Gorontalo yang akan berlangsung pada tanggal 1 sampai dengan 4 Juni 2019, Desa Talumelito akan diterangi 10.000 lampu tradisional Gorontalo, tonggolo’opo.

Menurut Sekretaris Desa Talumelito, Saleh Akub, hal ini dilakukan mengingat momen tumbilotohe adalah untuk menampilkan budaya asli Gorontalo. Apalagi, Desa Talumelito di Kecamatan Talaga Biru ini menyandang Desa Konservasi Budaya di Kabupaten Gorontalo.

“Malam tumbilotohe nanti kita targetkan 10.000 tonggolo’opo akan terangi Desa Talimelito,” ungkap Saleh saat ditemui, Selasa (28/05/2019).

BACA JUGA : Merayakan Kunut, Melanjutkan Tradisi

Saleh juga mengatakan, persiapan 10.000 lampu khas Gorontalo ini masih terhitung sebagai persiapan dari pihak Pemerintah Desa Talumelito.

“Kalau persiapan dari pemerintah Kabupaten Gorontalo sendiri lagi,” ujar Saleh.

Selain itu, untuk mendukung suksesnya Festival Tumbilotohe yang hanya tinggal beberapa hari ini akan dimulai, Ia menjelaskan Pemerintah Desa akan menyiapkan 1 drum minyak tanah.

“Nantinya ini akan kami bagikan ke masyarakat dan juga kami gunakan untuk pemasangan lampu di lahan – lahan kosong,” ujarnya.

BACA JUGA : Jaksa – Polisi Sahabat Bentor Resmi Di Kabupaten Gorontalo

Sementara itu, terkait dengan persiapan dari masyarakat sendiri, kata Saleh, masyarakat sangat antusias.

“Bahkan ada beberapa masyarakat yang sudah mempersiapkan sejak awal ramadan,” pungkasnya.

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.