17 – 19 Januari, Warga Lapas di Gorontalo Direkam KTP – EL

60DTK – Gorontalo : Guna mempertanyakan Hak Pilih untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengumpulkan sejumlah pihak. Diantaranya Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Jajaran Kanwil Kemenkumham, Kaban Kesbangpol serta sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (16/1/2019)

BACA JUGA : Jelang Pemilu, Sembilan Ribu Masyarakat Kabupaten Gorontalo Belum Memiliki KTP – EL 

Dari hasil Rapat Lanjutan pembahasan Tahapan Kampanye Pemilu di Rumah Jabatan Gubernur itu terungkap, Mulai Kamis besok, 17 Januari hingga 19 Januari 2019 akan dilakukan perekaman data secara serentak di lapas seluruh Gorontalo.

“Besok kami pastikan warga binaan sudah terekam semua KTP-el. Terkait pendataan kembali, jajaran Lapas, Dukcapil, dan KPU akan berkerja sama untuk itu dan akan hadir saat perekaman nanti”, ujar Dwi selaku Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA : Disdukcapil Pohuwato Kesulitan Merekam Data KTP – EL Bagi ODGJ, Ada Yang Mengamuk

Sementara itu Ketua KPU Gorontalo Fadliyanto Koem menjelaskan, perlu untuk memastikan bahwa penghuni lapas telah memiliki KTP-el sebagai salah satu syarat memilih. Bagi warga yang domisilinya di luar Gorontalo maka akan dilakukan pengecekan apakah sudah terdaftar dalam DPT atau tidak.

“Ketika misalnya dia berdomisi di Makassar maka kita akan mendaftarkan di sini. Kita akan kroscek lagi dengan memeriksa nama dan NIK-nya. Kalau terdaftar di Makassar maka kita akan keluarkan A5 (surat pindah memilih) untuk mencoblos di Gorontalo. Kalau tidak terdaftar, akan kita telusuri ke KPU asal yang bersangkutan”, Jelas Fadli.

BACA JUGA : Jelang Pemilu, 9.911 Warga Kota Gorontalo Belum Merekam KTP – EL

Mengenai teknis pemungutan dan penghitungan suara, Fadli mengaku masih menunggu regulasi dari KPU RI. Apakah memungkinkan dibuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lapas atau menyesuaikan di TPS terdekat. Begitu juga dengan TPS mobile seperti yang pernah ada di Pemilu 2014 lalu.

Potensi jumlah pemilih di 4 lapas se-Provinsi Gorontalo cukup besar yakni lebih kurang 868 orang. Rinciannya Lapas Kota Gorontalo 554 orang, Lapas Pohuwato 119 orang, Lapas Boalemo 111 orang dan Lapas Perempuan 84 orang.(rls/fry)

Penulis : Fry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles