17 Pengamen asal Sulut dan Sulsel di Gorontalo Dipulangkan

60DTK – Gorontalo : Sedikitnya ada 17 pengamen asal Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ada di Gorontalo, dipulangkan.

Pemulangan akan dilakukan dalam dua tahap, pertama untuk lima warga Sulut. Sedangkan sisanya 12 warga Sulsel akan dipulangkan hari ini, Sabtu (11/04/2020).

Baca Juga : Warga Gorontalo Alumni JT Gowa Mulai Diisolasi

Pengamen yang didominasi usia belasan tahun itu, terjaring Operasi Yustisi Satpol PP Provinsi Gorontalo dan Kota Gorontalo kemarin, Kamis (09/04).

“Ada laporan masyarakat bahwa di Kota Gorontalo sudah didatangi oleh sekumpulan pengamen dari luar daerah. Kita lakukan operasi gabungan, dan ternyata laporan tersebut benar adanya,” jelas Sudarman Samad.

Baca Juga : Hasil Rapid Test: 75 Jamaah Tabligh Kabupaten Gorontalo Negatif Covid 19

“Mereka kita lokalisir di basecamp sebelum akhirnya dipulangkan,” tambah Kadis Satpol PP Provinsi Gorontalo itu.

Selain alasan keamanan, keberadaan pengamen dari luar daerah itu dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi daerah. Belum lagi, virus corona sudah merebak di mana-mana.

Baca Juga : Hasil Rapid Test 5 JT Di Pohuwato Positif Covid-19

“Kemarin mereka dibawa anggota kami untuk diperiksan rappid test, Alhamdulillah hasilnya negatif. Meski begitu, kita tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Sudarman.

Diketahui, proses pemulangan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Provinsi dan Kota Gorontalo. Selain itu, camat dan aparat kelurahan setempat diharapkan untuk pro aktif memantau hingga proses pemulangan. Para pengamen itu sudah didata dan diminta tidak kembali lagi ke Gorontalo. (adv)