3 Orang Calon Kepala Daerah di Pohuwato Positif Covid-19, Rinto Ali: Positif Covid Tidak Menggugurkan Calon

60DTK, Kabupaten Pohuwato – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato membenarkan informasi adanya Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato yang telah mendaftar ikut pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto Ali mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan Swab Test beberapa waktu lalu, dari Empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, tiga orang diantaranya terkonfirmasi terpapar virus corona. Hanya saja, Rinto enggan menyebut identitas bakal calon tersebut.

“Benar ada yang positif, ada tiga orang,” beber Rinto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (07/09/2020).

Baca Juga: KPU Pohuwato Terima Dokumen Pendaftaran Dua Bapaslon Yang Diusung Parpol

Terkait dengan hal ini, Rinto menegaskan bahwa KPU Pohuwato bersama pihak-pihak terkait seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pohuwato, akan melakukan langkah-langkah penanganan sesuai prosedur penanganan pasien covid-19.

“Akan ada langkah-langkah yang akan kita lakukan. Penanganannya tetap berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang penanganan pasien covid-19, seperti isolasi mandiri selama 14 hari. Intinya, terpapar Covid-19 tidak akan menggugurkan hak mereka untuk maju di Pilkada,” tegas Rinto.

Baca Juga: Dua Bapaslon Jalur Perseorangan Mendaftar Ke KPU Pohuwato

Sementara itu, terkait dengan teknis lanjutan tahapan Pilkada seperti pemeriksaan kesehatan lanjutan untuk setiap Bapaslon, Ia menjelaskan bahwa KPU Pohuwato akan melakukan penjadwalan kembali.

“Jadi untuk pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan sampai tanggal 11 September kemungkinan bisa diperpanjang. Karena dalam PKPU Nomor 10 pada pasal 50 a, b, dan c, kita diberi wewenang untuk me-review lagi jadwal (pemeriksaan kesehatan-red) sampai dengan masa isolasi selesai dan yang bersangkutan sudah negatif,” tutupnya. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto S. Sanga