4 Hal Mendasar yang Harus Orang Tua Lakukan di Zaman Digital

60DTK – Gaya Hidup : Era Generasi sekarang berbeda dengan era orang tua dulu. Kemajuan semakin cepat dan sebagai orang tua sendiri, tak bisa Gagap Teknologi (Gaptek) saat ini.

Perkembangan teknologi seperti ini, memacu minat dan rasa ingin tahu anak-anak semakin tinggi terhadap perkembangan zaman sekarang ini.

Zaman Digital adalah zaman dimana semua kebutuhan, keinginan, keseharian lengkap di dokumentasikan ataupun di publikasikan. Berbagai informasi bisa di akses pada zaman digital sekarang ini. Tak mengenal batas usia, ia bisa masuk bahkan merusak jika kita tidak memahami penggunaannya secara mendasar.

Berikut panduan orang tua bagi anak-anak yang sering akitf di dunia digital ataupun berselancar di jejaring internet :

  1. Pantau Perilaku Anak

Prestasi anak yang turun, juga kualitas tidur yang kurang menunjukan bahwa aktivitas anak di internet sudah berlebihan.

  1. Beri Batasan

Batasan waktu penggunaan internet pada anak-anak harus di lakukan. Jangan sampai anak menghabiskan waktunya di depan komputer atau gadget. Pastikan anak-anak tetap punya pergaulan di dunia nyata, dan rutin berkumpul dengan keluarga.

  1. Kontrol

Sangat di anjurkan bagi orang tua juga membuat akun di jejaring sosial, lalu berteman dengan anak anda. Pantau pertemanannya, arahkan berteman dengan orang-orang yang pernah bertemu ataupun ditemui secara langsung. Dan tak perlu overprotektif atau serba melarang anak anda, itu bisa memacu gejala stres dan hal-hal yang berlebihan akan dilakukan anak-anak karena merasa di tekan terlalu berlebihan.

  1. Patuhi Aturan

Berbagai jejaring sosial di internet menerapkan batasan usia, baisanya minimal 13 tahun. Orang tua harus tegas, arahkan anak-anak di bawah untuk lebih banyak berteman di dunia nyata saja. (rds/zm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles