Ini Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Agar Anak Tidak Salahgunakan Narkoba

  • Whatsapp
Orang Tua, Narkoba, Penyalahgunaan Narkoba,
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid (tengah) menghadiri kegiatan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa/kelurahan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Serba Guna Kota Gorontalo, Kamis (20/10/2022). Foto: Humas.

60DTK, Kota Gorontalo – Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid menyebut remaja dan berbagai permasalahannya menjadi isu penting saat ini.

Selain jumlahnya cukup banyak, 27 persen dari total penduduk Indonesia mereka rentan akan seksualitas, HIV/AIDS, hingga penyalahgunaan narkoba.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Khusus narkoba kata Ismail, Gorontalo menangani sekitar 70 kasus. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 40 persen merupakan anak-anak, sementara 60 persen sisanya adalah orang dewasa.

Oleh karena itu, remaja harus mendapat perhatian dari semua pihak. Tidak hanya oleh para pemangku kepentingan di dalam daerah, namun juga masyarakat umum, keluarga, dan lebih penting adalah setiap orang tua.

“Hendaknya orang tua dan keluarga dapat menjaga hubungan baik anak di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar terutama saat anak mulai remaja. Karena saat itu mereka butuh perhatian agar tidak salah bergaul,” ujar Ismail, Kamis (20/10/2022).

Ia menambahkan, dengan perhatian tersebut, para anak akan bisa membedakan mana hal yang baik dan sebaliknya. Di sisi lain, mereka juga akan merasa memiliki tempat berlindung, bercerita, bahkan berbagi tertang apa yang mereka rasakan.

“Untuk itu, ketahanan keluarga harus tinggi dan baik. Semakin tinggi ketahanan keluarga, maka semakin baik pula membentuk kepribadian anak terutama di usia remaja,” tandasnya. (adv)

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait