800 Petugas Sensus Penduduk di Ponorogo Siap Bertugas

60DTK, Ponorogo – Peluncuran Kick Off Sensus Penduduk 2020 digelar di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Ponorogo, Senin (31/8/2020). Ini menandakan, mulai besok 1 September 2020, sebanyak 800 petugas sensus penduduk di Kabupaten Ponorogo, siap bertugas di lapangan. Tentunya setiap petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 seperti sarung tangan, face shield dan masker.

Pada prinsipnya sensus penduduk itu semua harus tercatat, tidak ada yang terlewat. Sedangkan kick off sensus penduduk ini merupakan tahap ke dua yaitu memverifikasi semua penduduk dari rumah ke rumah. Sebelumnya sudah dilaksanakan sensus penduduk tahap pertama secara online. Pelaksanaannya sudah mulai bulan Februari-Mei 2020.

“Petugas sensus akan berkoordinasi dengan Ketua RT”, kata Ketua BPS Ponorogo, Siswi Harini pada acara peluncuran.

Baca Juga: Kabupaten Ponorogo Peringati Hari Jadinya Ke-524

Koordinasi dengan Ketua RT ini, karena yang memiliki data penduduk se tempat yang tercatat adalah Ketua RT sehingga akan memudahkan dalam proses wawancara.

Kemudian petugas akan datang dari satu rumah ke rumah penduduk untuk wawancara. Namun jumlah pertanyaan tidaklah sebanyak pada sensus penduduk online. Karena di sensus penduduk tahap dua ini hanya ditargetkan dengan tiga output yaitu jumlah penduduk, komposisi penduduk dan distribusi penduduk.

“Jadi nanti petugas akan menanyakan apakah nama ini ada di rumah atau tidak? Misalnya orang itu tidak berada di rumah lebih dari satu tahun, seumpama dia kuliah atau kerja. Ya dijawab apa adanya gitu saja. Karena itu nanti terkait jumlahnya,” jelas Siswi.

Baca Juga: Munggah Molo Pasar Legi Ponorogo

Jika ada penduduk yang sudah satu tahun tinggal di Ponorogo atau belum ada satu tahun namun rencananya akan tinggal selama satu tahun atau lebih, itu nanti masuk dalam data sensus penduduk Kabupaten Ponorogo. Sehingga diharapkan memberikan keterangan yang sejujur-jujurnya kepada petugas sensus.

“Diharapkan sensus bisa selesai tepat waktu dan data lengkap,” harap Wakil Bupati Soejarno saat menghadiri Kick Off Sensus Penduduk di Kantor BPS Ponorogo.

 

 

Pewarta: Ika Luciana Marwati