Antisipasi Longsor di Sumalata, Ini Solusi Pemkab Gorut

  • Whatsapp
Sekda Gorut, Ridwan Yasin, saat meninjau keadaan rumah yang berada di pinggir sungai, tepatnya di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (3/03/2020). (Foto - Usman 60dtk)

60DTK-Gorontalo Utara: Sebuah rumah di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), terlihat akan segera terseret arus air karena berada tepat di pinggir aliran sungai. Menanggapi hal ini Pemerintah Kabupaten Gorut mengaku akan segera membuat bronjong di pinggiran sungai tersebut.

“Setidak – tidaknya yang pertama alihkan dulu. Sungainya kita alihkan dan kita pasang bronjong. Nah, pengalihan ini langkah pertama, atau tahap satu,” ujar Sekretaris Daerah Gorut, Ridwan Yasin, usai meninjau kondisi rumah tersebut, Selasa (3/03/2020).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Ridwan Yasin Salurkan Makanan Siap Saji Untuk 974 KK Korban Banjir Gorut

Ia juga menambahkan, hal ini sudah dikomunikasikan dengan balai sungai setempat, yang nantinya akan bekerja sama untuk menyelesaikan pembangunan bronjong tersebut.

“Mereka juga sudah siap. Jadi antara anggaran balai sungai dan Pemda akan menyatu untuk membuat ini supaya dia kuat. Kalau anggarannya dari dua instansi, kami yakin bahwa ini akan kuat pekerjaannya,” jelas Ridwan.

Baca juga: Ini Tanggapan Ridwan Yasin Soal Banjir Dan Tanah Longsor Di Gorut

Saleh, selaku pemilik rumah pun berharap agar pengerjaan bronjong tersebut bisa segera dilakukan. Karena jika terlambat, menurutnya, dalam waktu tiga hari rumahnya akan jatuh ke sungai.

“Mengalihkan air dulu, Pak. Tapi secepatnya. Kalau dia lambat tiga hari, sudah (jatuh ke sungai),” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait