Aplikasi e-Monep Mulai di Operasikan Biro P2E

60DTK – GORONTALO – Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo (P2E) melakukan penginputan DIPA APBN tahun anggaran 2019 ke dalam aplikasi e-Monep (electronic monitoring, evaluasi dan pelaporan), Kamis, (25/7/2019) di Hotel Maqna Kota Gorontalo.

Kepala Biro P2E, Sagita Wartabone dalam sambutan pembukaannya mengatakan, tujuan kegiatan ini agar program DIPA APBN 2019 dapat dimasukkan ke dalam aplikasi e-Monep, sehingga dapat diketahui progress kemajuan pelaksanaan pekerjaan fisik dan progress serapan anggaran.

“Data hasil pemasukan ini akan ditindaklanjuti, sehingga mekanisme pemantauan dan pengendalian pembangunan dana yang bersumber dari APBN dapat dilaksanakan, karena tugas Gubernur yang merupakan perpanjangtangan Pemerintah Pusat di daerah,”katanya.

BACA JUGA : Dikeluhkan Masyarakat, BPNTD Akan Dievaluasi Gubernur Gorontalo

Kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2018 yang menjelaskan tentang tugas dan wewenang Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengenalan aplikasi oleh Syahrul Mubarak Biki, Ketua Panitia Pelaksana beserta Tim Pengendalian Pembangunan.

“Usai pengenalan aplikasi, kami lanjutkan dengan proses penginputan data DIPA APBN 2019, kamudian memasukkan target yang sudah direncanakan sebelumnya, dan selanjutnya memasukkan realisasi fisik dan serapan anggaran,”ujarnya.

BACA JUGA : Dinsos Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang UGB Dan PUB

Kegiatan ini dilaksanakan selama dUa hari dari tanggal 25-26 Juli 2019. Peserta kegiatan sebanyak 21 satuan kerja yang mempunyai pekerjaan fisik dari delapan instansi, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Permukiman (PRKP), Dinas Pertanian, Dinas ESDM, Dinas Sosial, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, Balai Pembangunan Jalan Nasional, dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo (BPPWG). (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.