Arab Saudi Akan Berinvestasi di Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Kerajaan Arab Saudi akan melakukan investasi di Provinsi Gorontalo. Hal itu terungkap pada pertemuan Wagub Gorontalo, Idris Rahim dengan investor dari Arab Saudi, Abdurrahman Al Umairi dan Salman Al Mujaidi, di Aula Rujab Wagub Gorontalo, Senin (5/07/2021).

“Pada awal investasi ini kami fokus di bidang perdagangan, pendidikan, dan kesehatan. Setelah itu akan dikembangkan sesuai potensi daerah,” ujar Abdurrahman Al Umairi dalam bahasa Arab yang diterjemahkan oleh Supardi Liu.

Wagub Gorontalo, Idris Rahim (kanan), saat menerima kunjungan investor dari Arab Saudi di Aula Rumah Jabatannya, Senin (5/07/2021). (Foto: Haris, Humas Pemprov)

Dalam waktu dekat, lanjut Abdurrahman, pihaknya akan segera membangun pesantren dan rumah sakit bertaraf internasional dalam satu kawasan yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo. Pesantren yang akan dibangun mulai dari jenjang pendidikan TK hingga perguruan tinggi.

expo

Baca juga: Rusli Ajak Forkopimda Satukan Persepsi Untuk Tanggap Darurat Penyebaran Covid-19

“Obsesi kami kampus ini bisa mengharumkan nama Gorontalo di dunia internasional seperti Arraayah yang kami dirikan di Sukabumi. Proses pembangunan pesantren sudah mulai dipersiapkan, nanti setelah semua siap akan dimulai,” imbuhnya.

Pihak investor juga menyanggupi permintaan Wagub Gorontalo Idris Rahim agar putra putri Gorontalo bisa difasilitasi untuk memperoleh beasiswa pendidikan di kampus-kampus yang ada di Makkah dan Madinah.

Mahasiswa Gorontalo yang akan melanjutkan pendidikan ke Makkah dan Madinah nantinya akan memperoleh beasiswa penuh dari awal sampai akhir kuliah, termasuk untuk biaya hidupnya.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Akan Keluarkan Surat Edaran Perjalanan Masuk Gorontalo

Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh Wagub Gorontalo untuk mempromosikan beberapa potensi Gorontalo seperti di bidang pertanian dan perikanan. Di bidang pertanian, Idris berharap investor dari Arab Saudi dapat membangun pabrik pakan ternak, guna meningkatkan nilai tambah produksi jagung Gorontalo yang mencapai 1,8 juta ton per tahun.

“Tentunya kita sambut baik dan dukung sepenuhnya investor dari Arab Saudi ini. Investasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Idris. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles