Bantu Masyarakat dan Pemerintah, Sekda Kabgor Apresiasi Peran BKM Permata

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb, memberikan apresiasi kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Permata, karena telah banyak membantu masyarakat bahkan pemerintah daerah.

Hadijah mengatakan, BKM di Kelurahan Kayumerah itu telah membangun banyak hal seperti rumah layak huni, jalan rabat beton, fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), hingga bank sampah, untuk dimanfaatkam oleh masyarakat di kelurahan setempat.

Sekda Kabgor, Hadijah U. Tayeb, saat memberikan sambutan pada penyerahan bantuan oleh BKM Permata di Kantor Kelurahan Kayumerah, Kecamatan Limboto, Jumat (18/06/2021). (Foto: Andi 60dtk)

Tidak sampai di situ, bantuan sosial juga ikut diberikan. Buktinya, pada Jumat, 18 Juni 2021, BKM Permata ini menyerahkan bantuan berupa 84 paket sembako, Rp134 juta bantuan dana bergulir, 15 paket peralatan sekolah, serta 1 boks peralatan duka.

expo

Baca juga: Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo Disuntik Vaksin Covid-19

Berbagai bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Sekda Kabgor ini masing-masing menyasar keluarga penerima manfaat (KPM), pelaku usaha, siswa, serta rukun duka yang baru dibentuk beberapa bulan lalu oleh BKM Permata itu sendiri.

“Kami pemerintah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengurus BKM Permata karena sudah membantu masyarakat, bahkan pemerintah. Pembangunan jalan, rumah layak huni, MCK, dan lain-lain itu adalah tugas pemerintah, tapi BKM ini juga melakukannya, dan itu sangat membantu pemerintah,” ujar Hadijah.

Menurut Hadijah, apa yang dilakukan oleh BKM Permata sejauh ini menunjukkan bahwa para pengurus merupakan orang-orang yang amanah. Sebab, sumber pengadaan berbagai bantuan ini berasal dari keuntungan dari hasil usaha berupa sewa tenda yang dijalankan oleh BKM Permata.

Baca juga: Satpol PP Angkut Barang Pedagang di Depan RS Dunda Limboto

“Modal BKM Permata ini berawal dari program PNPM tahun 2008 sekitar Rp23 juta, yang alhamdulillah terus berkembang dan sekarang sudah sekitar Rp2,5 miliar. Kami berharap BKM ini masih akan terus berkembang ke depan, dan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, tidak hanya di Kelurahan Kayumerah tapi juga di wilayah sekitarnya,” harapnya.

Koordinator BKM Permata, Yunus Isa menambahkan, pembangunan infrastruktur maupun pemberian bantuan sosial kepada masyarakat ini memang mereka lakukan setiap tahun, setidaknya sejak tujuh tahun lalu. Akan tetapi, pada tahun 2020 lalu mereka tidak bisa melaksanakan kegiatan serupa karena adanya pandemi covid-19.

“Kami harap berbagai bantuan yang diberikan ini bisa membantu masyarakat di Kelurahan Kayumerah,” tandas Yunus. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles