Begini Rencana Vaksinasi di Gorut Selama Ramadan

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gorut, Youke Lumataw (lima dari kanan) bersama petugas kesehatan lainnya, Sabtu (10/04/2021). (Foto: Istimewa)

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gorontalo Utara (Gorut), Youke Lumataw membeberkan bahwa pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadan di Gorut tahun ini masih menunggu arahan dari Wakil Bupati.

Hal itu dilakukan dengan memperhatikan kondisi masyarakat Gorut yang mayoritas menganut agama Islam.

Bacaan Lainnya

“Untuk proses vaksin itu kita masih menunggu keputusan dari Wakil Bupati, Kepala Dinas, juga pihak Polres Gorut, karena petugas vaksin ini hanya tinggal menunggu perintah saja,” ungkap Youke, Selasa (29/03/2022).

Ia pun menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan paling efektif dilaksanakan di waktu pagi atau malam hari. Sebab, kata Youke, di waktu tersebut kondisi tubuh masyarakat masih sangat stabil untuk disuntik vaksin covid-19.

Sementara untuk proses vaksinasi lanjutan atau booster kemungkinan memiliki efek samping. Apalagi, lanjut Youke, vaksin yang digunakan jenis pfizer dan moderna.

“Sehingga sebaiknya yang menerima booster ini dianjurkan untuk istrihat yang cukup dan sarapan dulu,” tegasnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait