Bupati Nelson Jadi Pemateri pada Seminar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting

60DTK – Kabupaten Gorontalo: Bupati Nelson Pomalingo mendapat kehormatan untuk memberikan materi pada Seminar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting yang berlangsung di Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, pada Kamis (29/08/2019).

Bukan tanpa asalan, kesempatan yang diterima oleh Bupati bergelar Profesor tersebut dilandasi keberhasilan pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam upaya penurunan angka stunting.

Bahkan, upaya penurunan angka stunting yang dilakukan pemerintah itu telah mendapat pengakuan dari Menteri Kesehatan RI. Hal ini terbukti dengan adanya kurang lebih 50 wartawan nasional yang datang hanya untuk meliput program penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo. Untuk itu, tidak heran jika saat ini keseriuasan Bupati Nelson dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Gorontalo sudah menjadi rujukan daerah – daerah di Indonesia.

Saat memberikan materi pada seminar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting, Capaian dan Rencana Tindak Lanjut, Bupati Nelson mengatakan , masalah stunting memang sudah menjadi perhatian pemerintah pusat jauh sebelumnya. Oleh karenanya,  pemerintah Kabupaten Gorontalo berupaya menurunkan jumlah kasus tersebut. secara terintegrasi dengan lintas sektor.

Bupati Nelson menambahkan,  Best Practices sebagai  upaya penanganan stunting di Kabupaten Gorontalo sekaligus memberikan masukan kepada pemerintah pusat untuk menjadi  kebijakan nasional percepatan penurunan dan penanganan stunting.

“Masukan yang disarankan atau disampaikan oleh Pak Bupati menjadi rujukan sebagai perumusan baik oleh wakil rakyat di DPR RI maupun pemerintah pusat agar pemerintah lebih memperhatikan penanganan stunting di indonesia,” ujar  Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo, Cokro Katili saat dihubungi usai mendapingi Bupati Nelson pada seminar Nasional Percepatan Penurunan Stunting.

Diketahui, beberapa narasumber yang hadir pada kegiatan yang dilaksanakan oleh  DPR RI kerjasama dengan Kaukus Kesehatan, Mitra Pangan Gizi dan Kesehatan Indonesia (MPGKI) ini juga dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko, Kementrian Kesehatan RI, Bappenas, Staf khusus Wakil Presiden, serta dari BKKBN. Seminar itupun dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (adv)

Penulis: Andi

Editor: Zul

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles