Dari Gorontalo Menuju Amerika

60DTK – Kabupaten Gorontalo : Tepat pada hari Rabu (19/12) kemarin, gelaran kegiatan Festival Pemuda Nasional untuk Keadilan Sosial yang diselenggarakan oleh ISJN di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo telah berakhir.

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, dan diikuti sejumlah remaja/pemuda utusan dari beberapa daerah. Diantaranya perwakilan dari Sulawesi Selatan,Banten,Maluku,Sulawesi Barat, dan terakhir tuan rumah Gorontalo.

Pada kegiatan Festival Pemuda Nasional ini, ada hal yang menarik. Yaitu, Abdul Mutalib Pakaya. Ia seorang siswa dari SMA Negeri 1 Limboto. Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Abdul memaparkan beberapa gagasannya tentang keberadaan Danau Limboto yang mulai kritis dan di dengarkan langsung oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo.

Selain memaparkan tentang idenya pada kegiatan Festival Pemuda itu, Abdul juga sedang mempersiapkan dirinya untuk berangkat ke Amerika mewakili Gorontalo untuk Program Pertukaran Pemuda.

“alhamdulilah saya terpilih satu dari perwakilan Gorontalo yang akan ke Amerika. Saya akan tinggal selama satu tahun di sana,” ungkap Abdul Mutalib Pakaya.

Dilain sisi Abdul juga memiliki kreativitas bersama temannya , yakni membuat sebuah Robot yang berbahan dasar plastik dan akan di pamerkan di Expo Surabaya, tahun depan.

“sayangnya, saat ini saya belum bisa publish robot plastik ini. Karena masih dalam progres. Tahap penyelesaiannya masih sekitar 70 persen lagi,” ungkap Abdul Mutalib Pakaya di sela-sela kunjungan lapangan bersama peserta festival pemuda dari daerah lainnya di Pantai Olele. Rabu, (19/12/2018).

Abdul pun selain aktif di Organisasi Osis Sekolah, ia juga aktif di komunitas lainnya. seperti, Ketua dari Conveito English Club, anggota Menara Literasi , dan wakil ketua Pelajar Peduli Lingkungan. Selain itu ia juga pernah mengikuti beberapa kegiatan Nasional diantaranya Jumbara VIII, Pelajar Pelopor, Peduli Keselamatan lalu Lintas, dan Words National Competition. (rls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles