Dekot Akan Pantau Perkembangan Harga Sembako Jelang Iduladha

  • Whatsapp
Minyak goreng, salah satu sembako kebutuhan masyarakat. (Foto: dok. 60dtk/Andi)

60DTK, Kota Gorontalo – Komisi B DPRD Kota Gorontalo akan terus memantau perkembangan harga-harga sembilan bahan pokok (sembako) jelang perayaan Iduladha tahun 2022.

Memang, jelang perayaan hari-hari besar seperti ini, harga barang utamanya bahan pokok sering kali mengalami kenaikan. Sebabnya hanya satu, karena permintaan barang atau kebutuhan masyarakat pada saat itu akan meningkat.

Bacaan Lainnya

“Kita akan pantau sejauh mana perkembangan harga sembako di lapangan,” aku Wakil Ketua Komisi B, Mucksin Brekat, Rabu (22/06/2022).

Mucksin mengatakan, DPRD juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Gorontalo untuk mencegah munculnya permainan harga bahan pokok.

Sebab menurutnya, para pedagang di pasaran biasanya menaikkan harga barang jualannya karena modal yang mereka keluarkan membengkak akibat distributor maupun agen menaikkan harga barangnya.

“Untuk mengejar profit, mau tidak mau mereka harus menaikkan harga baranya, garis lurusnya di situ. Jadi kalau kita melakukan pemantauan, dimulai dari pedagang pasar kemudian di agen atau distributor,” jelasnya.

Meski begitu, Ia berharap dalam waktu dekat ini tidak akan ada permainan atau kesewenang-wenangan dari pihak tertentu terhadap harga bahan pokok di tingkat pasar.

“Kalau kenaikan masih wajar, hanya 2 atau 3 persen, mungkin tidak akan masalah. Masyarakat sudah paham itu. Tapi kalau sudah naik drastis, masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhannya,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait