Deprov Harap UMKM Gorontalo Mampu Bersaing Dengan UMKM Sulut

60DTK-Gorontalo: Melihat semakin berkembangnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, DPRD Provinsi berharap Gorontalo mampu membuat satu produk baru yang mampu bersaing, sebagaimana yang dilakukan oleh UMKM di Sulawesi Utara.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie, saat diwawancarai awak media usai Rapat Kerja Komisi II bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, Senin (10/02/2020).

Baca juga: Do-It, Perusahaan Platform Fintech Yang Bantu Modal 500 UMKM Di Gorontalo

“Kami berharap Provinsi Gorontalo juga melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, mampu membuat satu terobosan seperti yang dilakukan Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Espin.

Menurut Espin, UMKM di Sulawesi Utara terhitung sangat maju, karena mereka mampu membuat satu terobosan produk yang baru melalui pemfokusan produksi lokal, khususnya produk berupa pala manis yang dijadikan minuman segar.

Baca juga: Pengurusan Izin UMKM Di Gorontalo Akan Dipermudah

“Ketika kami berkunjung Ke Provinsi Sulawesi Utara, UMKM mereka itu sangat maju. Mereka itu sangat konsen terhadap produk – produk lokal yang ada di daerah, terutama kami tertarik di mana pala manis yang tadinya kita kenal sebagai camilan, itu diolah menjadi minuman segar,” tutupnya.

Diketahui, saat ini ada beberapa produk unggulan dari UMKM Gorontalo, di antaranya keripik pisang, gula aren yang saat ini sedang dikembangkan, hasil kerajinan tangan seperti karawo, kopi, hingga olahan ikan sagela. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Comments are closed.