Dikes Gorontalo Sigap Siapkan Sarana Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

60DTK, Gorontalo: Wagub Gorontalo, Idris Rahim menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo untuk segera menyiapkan sarana prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19. Hal itu Ia tegaskan saat pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang berlangsung di Ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Senin (4/01/2021).

“Sesuai informasi, pertengahan Januari ini vaksin covid-19 akan dibagikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Segera siapkan wadah penyimpanannya, karena berdasarkan informasi, vaksin ini harus disimpan dalam suhu delapan derajat celsius, termasuk data yang akan divaksin pertama,” tegas Idris.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi covid-19 juga harus segera disosialisasikan kepada masyarakat. Menurutnya, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat, agar obsesi untuk memberikan vaksin kepada seluruh rakyat Indonesia, dapat terwujud.

Baca juga: Direktur RS Ainun Jadi Kadis Kesehatan Gorontalo yang Baru

“Yang sangat penting adalah sosialisasinya kepada masyarakat, karena pasti akan ada pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Kalau perlu sosialisasinya sampai ke warung-warung kopi,” ujarnya.

Terkait hal itu, Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan wadah yang bisa memastikan agar rantai dingin vaksin covid-19 tetap terjaga.

“Rantai dinginnya kita jamin agar pada saat penyuntikan kepada sasaran dipastikan vaksinnya dalam keadaan baik,” jelas Yana.

Baca juga: Komwil Alkhairaat Gorontalo Gelar Diklat Untuk Kepala Madrasah

Lebih lanjut Ia mengutarakan, Dikes Provinsi Gorontalo juga telah melakukan pendataan penerima vaksin. Berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, sasaran penyuntikan pertama vaksin covid-19 adalah tenaga kesehatan, setelah itu pekerja pelayanan publik lainnya.

“Sambil menyiapkan tenaga, kita masih menunggu berapa jumlah vaksin yang akan dikirim dan kapan waktu pelaksanaannya. Kita juga akan melakukan sosialisasi, karena banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya vaksin ini,” tutup Yana. (adv/rls)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles