DKP Gorut Jalankan Program Pengelolaan Irigasi Tambak di Desa Mootinelo

60DTK, Gorontalo Utara – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) baru saja menjalankan program pengelolaan irigasi tambak partisipatif (PITAP) yang berasal dari Kementerian Perikanan Budidaya.

Program PITAP itu sendiri adalah program yang dilaksanakan untuk memperbaiki sistem saluran irigasi areal pertambakan yang bertujuan untuk melancarkan mengembangkan sektor budidaya perikanan yang ada.

Pihak DKP Gorut bersama kelompok masyarakat pembudidaya saat bergotong-royong menjalankan program PITAP di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Jumat (24/09/2021). (Foto: DKP Gorut)

“Karena kami memiliki potensi, makanya Kabupaten Gorontalo Utara mendapatkan bantuan dari Kementerian Perikanan Budidaya itu,” ujar Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP Gorut, Ramlah Mustapa, Jumat (24/09/2021).

expo

Ramlah membeberkan, untuk program tersebut, Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara sudah kedua kalinya dengan ini menerima bantuan program dari Kementerian.

“Program PITAP ini sudah untuk yang kedua kalinya di Kabupaten Gorontalo Utara, di mana di tahun 2020 itu kami telah memperbaiki saluran irigasi yang ada sepanjang 1.700 meter, dan untuk tahun ini dilaksanakan di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, sepanjang 3.454 Meter,” jelasnya.

Ia pun berharap adanya rehabilitasi saluran irigasi tambak ini bisa membantu masyarakat pembudidaya untuk mengembangkan sektor budidaya itu sendiri.

“Kami dari dinas menginginkan agar nantinya dengan perbaikan saluran irigasi ini bisa membantu meningkatkan aktivitas para kelompok pembudidaya yang ada di Gorontalo Utara,” tegas Ramlah. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles