Dorong Peningkatan Peran Perpus Sekolah, Dinas Arpus Gelar Lomba Perpus

60 DTK – KABUPATEN GORONTALO : Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah Provinsi Gorontalo, melaksanakan penilaian lomba perpustakaan Sekolah tingkat SMA/SMK/MA sederajat pada Jumat, (12/4/2019). Penilaian lomba perpustakaan ini dimulai dari perpustakaan SMK 1 Limboto,Kabupaten Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Perpustakaan Erna Harmain, yang juga selaku ketua tim penilaian lomba mengungkapkan,  tujuan pelaksanaan lomba perpustakaan tingkat sekolah menengah ini, untuk meningkatkan peran perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran serta mewujudkan budaya baca bagi masyarakat sekolah.

“Salah satu yang amat penting bahkan dapat diibaratkan sebagai jantung dalam proses pembelajaran disekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan dan mengembangkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan intelektual,” kata Erma

BACA JUGA : Program Bajak Gratis Pemprov Potong 800 Ribu Pengeluaran Petani

Untuknya dengan kegiatan ini, Erma dan tim penilai lainnya berharap, bisa memilih perpustakaan sekolah SMA/SMK/MA terbaik di tingkat Provinsi dan dapat mewakili ke tingkat nasional.

“Peserta lomba adalah utusan sekolah se Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo. Semoga nanti yang jadi juara adalah yang terbaik karena akan kita utus ke tingkat nasional,  dan disana nanti juga bisa juara,” tandasnya.

Adapaun kriteria dari penilaian lomba perpustakaan ini diantaranya dilihat dari struktur, gedung, sarana prasarana, koleksi buku, alokasi anggaran, serta SDM pengelola perpustakaan.

BACA JUGA : Gubernur Pastikan Jalan Dungaliyo-Biluhu Dikerjakan Tahun Ini

Lomba perpustakaan tingkat SMA sederajat ini sudah dilaksanakan sejak tanggal Selasa, 9 April 2019. Adapun sekolah sekolah yang telah selesai dinilai di antaranya SMA 1 Tilamuta,  SMA 1 Marisa,  SMK 2 Gorontalo Utara, SMK 1 Kota Gorontalo, dan SMA terpadu Wirabakti Suwawa. Penilaian ini akan digilir sampai tanggal 15 april mendatang. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Comments are closed.