Gorontalo Jadi Salah Satu Daerah Penerima Program BSSN Tahun 2020

  • Whatsapp
Kegiatan Cyber Security Drill Test II Sektor Pemerintah tahun 2019 oleh Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, BSSN yang digelar di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta, Selasa (5/11/2019). (foto : Istimewah)

60DTK – GORONTALO – Provinsi Gorontalo menjadi satu diantara tiga daerah di Indonesia Timur untuk program penanggulangan dan Pemulihan Insiden Keamanan Siber. Hal itu terungkap pada Cyber Security Drill Test II Sektor Pemerintah tahun 2019 yang diprakarsai oleh Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

“Provinsi Gorontalo terpilih penerima program BSSN tahun 2020 melalui proses penilaian tingkat kesiapan penanganan insiden keamanan siber yang dilaksanakan oleh BSSN,” kata Kepala Bidang Penyelengara e-Goverment, Dinas Komunikasi, Informastika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, Fried Dewi Ahmad.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Sudah Dapat LO Dari Kejaksaan Tinggi, DPRD Segera Setujui KPBU RS Ainun

Fries menjelaskan, Proses penilaian untuk kesiapan penerima program tersebut dilakukan dengan menyusun kebijakan dan prosedur, menyiapkan teknologi dan data yang diperlukan untuk mencegah, mendeteksi, menanggulangi dan memulihkan insiden yang berpotensi merusak aset yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo, dalam menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilakukan oleh GorontaloProv-CSIRT yang dibentuk melalui SK Gubernur Nomor 338 tahun 2019.

Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, Inu Baskara menyampaikan, kegiatan Cyber Security Drill Test II ini mengambil tema kesiapan pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) organisasi di Sektor Pemerintah.

BACA JUGA : Gorontalo Berbagi Rahasia Pelaksanaan Pasar Murah Dengan Riau

Dia menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap proyek perubahan optimalisasi Penerepan SPBE melalui Strategi Manajemen Tata Kelola Aplikasi Pemerintahan yang digagas oleh Kepala Bidang Penyelenggaran E-Government yang telah membawa Provinsi Gorontalo terpilih penerima program prioritas nasional BSSN tahun 2020.

Program tersebut meliputi kegiatan pelatihan dan sertifikasi internasional EC-Council Certified Ethical Hacker dan Threat Hunting, pelatihan dan sertifikasi EC-Council Certified Incident Handler and Linux Networking and Security serta workshop pengelolaan CSIRT Provinsi Gorontalo. (rls)

Sumber : hulondalo.id

Pos terkait