Gorontalo Sekarang Punya Tiga Pangkalan Angkutan Laut Perintis

60DTK – KABUPATEN GORUT : Provinsi Gorontalo saat ini sudah memiliki tiga pangkalan angkutan laut perintis. Bertambahnya pangkalan tersebut disebabkan Gorontalo kembali peroleh alokasi kapal angkutan perintis dari Kementerian Perhubungan RI KM Sabuk Nusantara 97 yang merupakan kapal negara yang akan berpangkal di pelabuhan Kwandang.

BACA JUGA : Tiga Tahun Menjabat Bupati Gorontalo, 8.530 Jiwa Rakyat Miskin Teratasi

“Sebelumnya kita sudah memiliki dua pangkalan, di Pelabuhan Gorontalo dan Tilamuta. Sekarang ditambah lagi satu kapal yang berpangkalan di Pelabuhan Kwandang,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, saat meninjau KM Sabuk Nusantara 97 di Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (4/2/2019).

KM Sabuk Nusantara 97 akan menghubungkan Provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Tengah dan Kalimantan, dengan melayani rute Kwandang, Palele, Leok, Toli-toli, Tarakan, Nunukan, hingga Sebatik. Setiap 14 hari atau dua kali dalam sebulan kapal tersebut akan bersandar di Pelabuhan Kwandang selama tiga hari.

expo

Seperti yang dijelaskan Sekdaprov, Darda Daraba, angkutan laut perintis merupakan wujud dari program Tol Laut yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mempermudah arus orang, barang, dan jasa.

“Bersandarnya kapal ini selama tiga hari di Pelabuhan Kwandang, tentunya membawa banyak manfaat untuk masyarakat kita. Roda perekonomian akan bergerak. Penumpang yang turun ataupun yang transit, pasti akan berbelanja di sekitar pelabuhan bahkan hingga ke Kota Gorontalo,” jelas Darda

BACA JUGA : Tiga Dermawawan Ini Hibahkan Tanah Dan Bangunan Ke Yayasan Al-Khairat Gorontalo

Darda Daraba, kedepannya berencana untuk memaksimalkan keberadaan angkutan laut perintis sebagai wadah untuk pembelajaran bagi siswa SMA dan SMK di Provinsi Gorontalo. Menurutnya hal ini bertujuan untuk menubuhkan jiwa dan semangat kemaritiman di kalangan generasi muda.

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles