Gubernur Pastikan Ground Breaking Bulongo Ulu Agustus 2019

60DTK – KABUPATEN KUNINGAN – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memastikan Ground Breaking pekerjaan Bendung Bulango Ulu di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango akan dilaksanakan Agustus 2019 nanti. Hal itu diutarakannya di sela-sela studi banding pengelolaan Wadu Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019).

“Insyaallah bulan depan akan ground breaking oleh Pak Menteri. Pemenangnya sudah ada dari BUMN, anggarannya sekitar 2,2 triliun,” jelas Gubernur Rusli.

BACA JUGA : Gubernur Gorontalo Tarik Investor Kelola Wisata Lombongo

Rusli berharap agar pembangunan ini bisa didukung oleh masyarakat. Selain untuk sumber air bersih dan pengairan sawah, bendung Bulango Ulu juga bermanfaat untuk mencegah banjir dan destinasi wisata baru.

Terkait dengan studi banding pengelolaan danau di Waduk Darma, Rusli menilai waduk yang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung itu sangat baik. Selain menjadi sumber air bersih dan pengairan 8.000 ha di wilayah Kuningan dan Cirebon, kondisi waduk bersih dan bebas dari keramba.

BACA JUGA : LSM Yaphara Dukung KPBU RS Ainun Habibie Asalkan Ada Perdanya

“Kita juga perlu menjaga dan merevitalisasi kembali danau di kita yang sudah ada. Selain danau Limboto, ada Perintis, di Boalemo juga. Ini yang kita ingin kerjasamakan dengan semua pihak,” imbuhnya.

Salah satu yang dipelajari dan ingin diaplikasikan di daerah yakni penerapan Perda Zonasi Danau dan Perda Zero Keramba. Beberapa faktor yang menyebabkan percepatan pendangkalan danau.

BACA JUGA : Tim Gabungan Satpol PP Gorontalo Gagalkan Transaksi Jual Beli Miras

“Kenapa? Karena keramba itu memicu pertumbuhan dan perkembangan eceng gondok. Masyarakat kita carikan pekerjaan lain tidak di danau. Kita ingin kembalikan fungsi danau untuk pengendalian banjir, perikanan air tawar dan pariwisata,” pungkasnya. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.