Inilah Tata Cara Mendaftar CPNS 2018

  • Whatsapp
Gambar Login pendaftaran SSCN 2018.

60DTK – Jakarta : Rabu, 19  September 2018 Besok. Badan Kepegawaian Negara akan membuka Portal SSCN.BKN.Go.Id, bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil. Calon pelamar harus dengan teliti dan memahami tata cara dan alur pendaftaran melalui portal yang sudah di sediakan oleh BKN.

Pada saat pendaftaran dan pengunggahan berkas nanti ada beberapa hal dasar dan teknis yang perlu di pahami calon pendaftaran. Diantaranya :

Bacaan Lainnya
  1. Pastikan menggunakan Internet yang cukup stabil, di karenakan pada saat mendaftar nanti akan terjadi Galat atau situs sscn.bkn.go.id susah diakses.
  2. Gunakan koneksi internet yang menyediakan space bandwicth cukup sehingga dalam pengiriman file tidak mengalami kendala.

Setelah memahami teknis dasar, para pelamar CPNS harus menyediakan berkas dan mengetahu tata cara serta alur pendaftaran melalui Portal sscn.bkn.go.id. berikut berkas yang harus di siapkan :

  1. Persiapkan Berkas persyaratan sesuai instansi yang di pilih.
  2. Siapkan pas foto dengan maksimal ukuran 200 Kb.
  3. Scan Ijazah, Transkip Nilai, Akta kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, SKCK, CV Pelamar, dalam bentuk PDF dengan maksimal ukuran 200 Kb.

Setelah mempersiapkan berkas, pastikan calon pelamar mengetahui tata cara dan alur Pendaftaran, sebagai berikut :

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Buka situs sscn.bkn.go.id, setelah di buka pelamar dapat melihat informasi tentang pendaftaran CPNS di portal tersebut untuk membuat akun SSCN 2018.
  2. Untuk melakukan pendaftaran, Klik Menu Registrasi. Masukan NIK, Nomor KK, atau NIK Kepala Keluarga. Untuk mengecek apakah NIK/Nomor KK anda bisa terdeteksi.
  3. Setalah melakuakn registrasi, pelamar memasukan alamat Email yang aktif.
  4. Pelamar mengunggah Pas foto berwarna, dengan ukuran file maksimal 200 Kb, setelah itu cetak kartu Infromasi Akun SSCN 2018.

Alur Pendaftaran :

  1. Pelamar masuk ke situs sscn.bkn.go.id. dengan menggunakan NIK dan pasword yang telah di daftarkan.
  2. Pelamar mengunggah swafoto atau foto diri sedang memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN 2018.
  3. Kemudian pelamar memilih Instansi, Formasi, dan posisi Jabatan sesuai latar pendidikan.
  4. Melengkapi data Form yang telah di sediakan.
  5. Melengkapi dan mengunggah Dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan Instansi.
  6. Pelamar mengecek isian pada Form Resume, dan kemudian cetak kartu pendaftaran SSCN 2018.
  7. Tim verifikator akan memverifikasi berkas dan dokumen yang telah di kirimkan oleh pelamar.

Setelah dinyatakan lulus administrasi, pelamar akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk melakukan seleksi ujian berikutnya. Yakni, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan menggunakan metode Computer Asisted Test (CAT). Bagi pelamar CPNS hanya bisa memilih satu jabatan dalam satu formasi pada satu instansi. (zm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan